HAMBATAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NINDA AYU HUSNUL HASANAH, 12209183005 (2022) HAMBATAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hambatan Pembelajaran E-Learning di Masa Pandemic Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPS kelas VII di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Ninda Ayu Husnul Hasanah, NIM 12209183005,Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Luluk Indarti, M.Pd.I., NIDN. 2008057804. Kata Kunci : Pembelajaran E-Learning, Hambatan, Covid-19 Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara pendidik dengan siswa yang mengakibatkan perubahan perilaku dan potensi. Pada masa pendemic covid-19 mulai meraba di Indonesia sejak Maret 2020, pembelajaran di Indonesia harus dilaksanakan secara online atau pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran online atau pembelajaran jarak jauh ini digunakan untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19. Hal ini menjadi alasan peneliti untuk mengangkat penelitian ini. Fokus penelitian pada penelitian ini, diantaranya: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran e-learning di masa pandemic covid-19 pada mata pelajaran IPS kelas VII MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2021/2022? (2) Bagaimana hambatan dalam pembelajaran e-learning di masa pandemic covid-19 pada mata pelajaran IPS kelas VII MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2021/2022? (3) Bagaimana solusi dari hambatan pembelajaran e-learning di masa pandemic covid-19 pada mata pelajaran IPS kelas VII MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2021/2022? Tujuan penelitian ini dibuat untuk : (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran e-learning di masa pandemic covid-19 pada mata pelajaran kelas VII MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2021/2022. (2) Untuk mengetahui hambatan dalam pembelajaran e-learning di masa pandemic covid-19 pada mata pelajaran IPS kelas MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2021/2022. (3) Untuk mengetahui solusi dari hambatan pembelajaran e�learning di masa pandemic covid-19 pada mata pelajaran IPS kelas MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2021/2022. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. Pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada waka kesiswaan, guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada masa pandemic covid-19 ini masih belum optimal, dan siswa belum memiliki kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran e-learning. Pada praktiknya, guru menggunakan aplikasi e-learning dan aplikasi WhatsApp sebagai penunjang proses belajar mengajar. Pada penilaiannya guru mengawasi memantau, dan menilai siswa berupa tugas yang dikirimkan melalui aplikasi e-learning. Pada tahap evaluasi, guru akan mengetahui sejauh mana proses belajar mengajar selama masa pandemic covid-19 ini serta dampaknya terhadap guru sebagai pendidik dan siswa selama masa pandemic ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: Ayu Ninda
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:43
Last Modified: 31 Aug 2022 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30283

Actions (login required)

View Item View Item