PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR

NOVA AULIA NADELA, 12204183146 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Video YouTube terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar” ini ditulis oleh Nova Aulia Nadela, NIM. 12204183146, pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Media pembelajaran, YouTube, Motivasi, Hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar matematika siswa yang rendah, karena proses pembelajaran yang masih menggunakan media konvensional. Media pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dalam hal ini, peneliti menggunakan media video YouTube untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh media video YouTube terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar; 2) Untuk mengetahui pengaruh media video YouTube terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar; dan 3) Untuk mengetahui pengaruh media video YouTube terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimental dengan model desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar berjumlah 115 siswa. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Angket; 2) Tes; dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji independent sample t-test dan uji MANOVA dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan media video YouTube terhadap motivasi belajar matematika siswa. Terbukti dengan nilai Sig. 0,009 < 0,05 dengan nilai rata-rata motivasi belajar di kelas eksperimen 79,87 dan di kelas kontrol sebesar 73,97; 2) Ada pengaruh yang signifikan media video YouTube terhadap hasil belajar matematika siswa. Terbukti dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan nilai rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 86,45 dan di kelas kontrol sebesar 74,05; dan 3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media video YouTube terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Terbukti dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Media Sosial
Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: NOVA 12204183146 NOVA AULIA
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:46
Last Modified: 08 Sep 2022 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30287

Actions (login required)

View Item View Item