NOVA AULIA NADELA, 12204183146 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (702kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (357kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Video YouTube terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar” ini ditulis oleh Nova Aulia Nadela, NIM. 12204183146, pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Media pembelajaran, YouTube, Motivasi, Hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar matematika siswa yang rendah, karena proses pembelajaran yang masih menggunakan media konvensional. Media pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dalam hal ini, peneliti menggunakan media video YouTube untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh media video YouTube terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar; 2) Untuk mengetahui pengaruh media video YouTube terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar; dan 3) Untuk mengetahui pengaruh media video YouTube terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimental dengan model desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar berjumlah 115 siswa. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Angket; 2) Tes; dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji independent sample t-test dan uji MANOVA dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan media video YouTube terhadap motivasi belajar matematika siswa. Terbukti dengan nilai Sig. 0,009 < 0,05 dengan nilai rata-rata motivasi belajar di kelas eksperimen 79,87 dan di kelas kontrol sebesar 73,97; 2) Ada pengaruh yang signifikan media video YouTube terhadap hasil belajar matematika siswa. Terbukti dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan nilai rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 86,45 dan di kelas kontrol sebesar 74,05; dan 3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media video YouTube terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Terbukti dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Media Sosial Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | NOVA 12204183146 NOVA AULIA |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 02:46 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 02:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30287 |
Actions (login required)
View Item |