IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN SANTRI TPQ MIFTAHUL HUDA KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

BERLIANTINA FARIKHA, 12201183137 (2022) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN SANTRI TPQ MIFTAHUL HUDA KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Santri TPQ Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Berliantina Farikha, NIM. 12201183137, pembimbing Bapak Suwanto, M.S.I. Kata Kunci: Implementasi, Metode An-Nahdliyah, Baca Tulis Al-Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh mudah ditemuinya generasi muda zaman sekarang yang masih belum mampu dalam perihal membaca dan menulis Al-Qur’an dengan fasih dan lancar. Oleh karena itu dibutuhkan metode yang tepat dan mudah di pahami dalam pembelajaran Al-Qur’an. Salah satunya yakni metode An-Nahdliyah. Metode An-Nahdliyah dipandang sebagai metode yang cepat dan tanggap dalam belajar Al-Qur’an sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an santri TPQ Miftahul Huda Kedungwaru. (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an santri TPQ Miftahul Huda Kedungwaru. (3) Bagaimana solusi yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an melalui metode An-Nahdliyah santri TPQ Miftahul Huda Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer (Kepala TPQ, ustadz ustadzah, dan santri), serta data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an TPQ Miftahul Huda sudah baik. Dalam pembelajarannya menggunakan irama ketukan dan menggunakan 2 metode yang sesuai dalam pedoman An-Nahdliyah yakni tutor dan privat individual untuk kelas jilid, dan juga sorogan untuk kelas Al-Qur’an. (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan metode An-Nahdliyah TPQ Miftahul Huda adalah minat dan kemauan santri, media pembelajaran, dan lingkungan fisik yang baik dan teratur. Faktor penghambat dalam pelaksanaan metode An-Nahdliyah di TPQ Miftahul Huda adalah santri yang malas mengulang materi pembelajaran Al-Qur’an pada saat di rumah, dan kurangnya dorongan dari orangtua. (3) Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut adalah peran orangtua dalam membimbing belajar Al-Qur’an santri di rumah, pemberian motivasi kepada santri, dan pemberian reward kepada santri yang terpilih untuk mengikuti lomba.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Nahdlatul Ulama
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183137 Berliantina Farikha
Date Deposited: 08 Sep 2022 08:36
Last Modified: 08 Sep 2022 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30291

Actions (login required)

View Item View Item