PENAMAAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA SISWA DALAM PENDIDIKAN AGAMA (Studi Multisitus di SMA Negeri 1 Kairatu dan SMA Negeri 2 Kairatu)

MUTADHO IKSAN, 12506174058 (2019) PENAMAAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA SISWA DALAM PENDIDIKAN AGAMA (Studi Multisitus di SMA Negeri 1 Kairatu dan SMA Negeri 2 Kairatu). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (693kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Beragama Siswa Dalam Pendidikan Agama (Studi Multisitus di SMA Negeri 1 Kairatu dan SMA Negeri 2 Kairatu)” ini ditulis oleh Mutadho Iksan, dosen pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd dan Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag. Kata Kunci: Penanaman Nilai Toleransi, Pemahaman, Strategi Guru, Implementasi, Dampak, Pendidikan Agama. Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah konflik yang pernah terjadi pada tahun 1999-2002 di Ambon dan pulau-pulau disekitarnya, konflik yang terjadi membawa dampak buruk terhadap kerukunan umat beragama dan rasa trauma yang berkepanjangan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan bukan hanya memberi pengetahuan tetapi juga membentuk sikap, kepribadian dan keterampilan kepada siswa, pendidikan agama menjadi sarana bagi sekolah untuk merubah sikap dan pemahaman yang ditanamkan kepada siswa. Fokus masalah dari penelitian ini adalah Pemahaman siswa tentang toleransi beragama, strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama dalam Pendidikan agama, implementasi nilai-nilai toleransi beragama, dan dampak penanaman nilai-nilai toleransi beragama. Penelitian ini dilaksanakan di dua lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri 1 Kairatu dan SMA Negeri 2 Kairatu. Jenis penelitiannya adalah kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. SMA Negeri 1 Kairatu dan SMA Negeri 2 Kairatu Siswanya sangat beragam, dengan latar belakang agama yang berbeda beda dan berasal dari berbagai suku. Nilai SMA Negeri 1 Kairatu dan SMA Negeri 2 Kairatu dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama melalui pendidikan agama dengan cara menyisipkan materi tentang toleransi kedalam materi inti dalam setiap pertemuan proses pembelajaran dengan mengacu pada kurikulum yang digunakan. Nilai-nilai toleransi beragama yang ditanamkan kepada siswa akan merubah sikap dan perilous siswa terhadap siswa lain yang berbeda agama serta siwa menjadi lebihh aktif mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan dilingkungan sekolah Nilai-nilai toleransi beragama saat ditanamkan disekolah maka akan berdampak kepada siswa, munculnya sikap saling menghargai dan menghormati antar siswa serta hilangnya konflik diantara siswa karena intoleran merupakan dampak terbesar yang terjadi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Hukum > Hukum Islam
Agama > Non Muslim
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd 12506174057 Mutadho Iksan
Date Deposited: 05 Sep 2022 08:02
Last Modified: 05 Sep 2022 08:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30295

Actions (login required)

View Item View Item