ILMI INDAH AYU NURFAHMAWATI, 12208183029 (2022) PEMANFAATAN HERBARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN HASIL DAN KETERAMPILAN SISWA MA BAHRUL ULUM KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (883kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (501kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Herbarium Sebagai Media Pembelajaran Biologi dalam Meningkatkan Hasil dan Keterampilan Siswa MA Bahrul Ulum Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro” ini ditulis oleh Ilmi Indah Ayu Nurfahmawati, NIM 12208183029, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Arbaul Fauziah, M.Si. Kata Kunci: Herbarium, media pembelajaran, keterampilan siswa Media pembelajaran merupakan sarana pendukung dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Salah satu media pembelajaran dalam biologi yaitu herbarium. Herbarium merupakan awetan dari tumbuhan yang telah dikeringkan dengan menggunakan teknik tertentu. Herbarium diperlukan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi plantae dan memudahkan siswa dalam mengelompokkan tumbuhan, serta mengatasi kurangnya media pembelajaran di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui respon siswa terhadap pemanfaatan herbarium sebagai media pembelajaran biologi siswa kelas X di MA Bahrul Ulum Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro, (2) Mengetahui kemajuan hasil belajar siswa kelas X dengan pemanfaatan herbarium di MA Bahrul Ulum Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro, (3) Mengetahui keterampilan siswa kelas X dengan pemanfaatan herbarium di MA Bahrul Ulum Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melalui penyebaran angket, tes soal, observasi, dan wawancara. Angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pemanfaatan herbarium sebagai media pembelajaran biologi siswa kelas X di MA Bahrul Ulum pada materi plantae. Tes soal berupa pre-test dan post-test digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi plantae. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa pada saat membuat herbarium. Sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui lebih dalam mengenai respon dan kemajuan proses belajar siswa dalam meningkatkan hasil dan keterampilan siswa MA Bahrul Uum Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro pada materi plantae. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan hasil wawancara untuk mendukung kebutuhan penelitian diperoleh yaitu 25 siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi plantae sehingga diperlukan media herbarium untuk mendukung proses kegiatan pembelajaran biologi. Berdasarkan hasil angket diperoleh nilai rata-rata respon siswa terhadap pemanfaatan herbarium sebagai media pembelajaran biologi dilihat dari dimensi kognitif, afektif, dan psikomotorik yaitu sebanyak 79,05%, dengan persentase 56% yaitu ada 14 siswa yang tertarik dan persentase 44% yaitu ada 11 siswa tidak tertarik terhadap pemanfaatan media herbarium sebagai media pembelajaran biologi. siswa kelas X di MA Bahrul Ulum Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro pada materi plantae. (2) Kemajuan proses belajar siswa menunjukkan peningkatan hal ini dilihat dari hasil nilai rata-rata pretest siswa yaitu 59,0 sedangkan hasil nilai rata-rata postest siswa yaitu 75,4. (3) Keterampilan siswa kelas X dengan pemanfaatan herbarium di MA Bahrul Ulum Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro yang dilihat dari hasil praktik pembuatan media herbarium dengan obersvasi penilaian keterampilan yaitu baik, sehingga keterampilan siswa meningkat hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil observasi yaitu dari aspek komunikasi lisan dan tulisan sebanyak 100%, berkelompok sebanyak 100%, kepemimpinan sebanyak 100%, kemampuan berfikir kreatif dan logis dengan persentase 28% yang memberikan pertanyaan kepada guru atau teman jika belum memahami materi yang disampaikan, kerjasama tim sebanyak 100%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183029 ILMI INDAH AYU NURFAHMAWATI |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 03:17 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30310 |
Actions (login required)
View Item |