BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KELAS XI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

ALTAFIA AINUR ROIHANA, 12204183047 (2022) BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KELAS XI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (647kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Berpikir Kritis Siswa dalam menyelesaikan Masalah Program Linear Ditinjau dari Gaya Belajar Kelas XI SMAN 1 Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Altafia Ainur Roihana, NIM. 12204183047, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Gaya Belajar, Program Linier. Berpikir kritis adalah kemampuan berpikir siswa untuk membandingkan dua atau lebih informasi, misalkan informasi yang diterima dari luar dengan informasi yang dimilikinya. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti ternyata kemampuan berpikir kritis siswa belum dievaluasi di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung, siswa hanya mengandalkan contoh yang diberikan guru dan ketika dihadapkan persoalan yang berbeda banyak siswa yang masih bingung. Pada dasarnya kemampuan berpikir kritis setiap siswa berbeda. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir siswa, salah satunya adalah gaya belajar. Gaya belajar yang dimaksud disni yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Berpikir Kritis ditinjau dari gaya belajar tersebut dapat dilihat melalui hasil pengerjaan soal dan hasil wawancara. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Mendeskripsikan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah program linear kelas XI SMAN 1 Campurdarat Tulungagung, (2) Mendeskripsikan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan masalah program linear kelas XI SMAN 1 Campurdarat Tulungagung, dan (3) Mendeskripsikan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah program linear kelas XI SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung yang diikuti oleh kelas XI yang berjumlah 16 siswa. Dari 16 siswa dipilih 6 siswa sebagai subjek yang digolongkan berdasarkan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan gaya belajar visual dapat menenuhi 7 indikator kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal materi program linier, (2) Siswa dengan gaya belajar auditori hanya dapat menenuhi 2 indikator kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal materi program linier, dan (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat memenuhi 7 indikator kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal materi program linier tetapi pada penyelesaian soal nomor 2 salah satu subjek tidak dapat memenuhi indikator merumuskan pokok-pokok permasalahan dengan sistematis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183047 Altafia Ainur Roihana
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:23
Last Modified: 08 Sep 2022 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30327

Actions (login required)

View Item View Item