PERAN GURU PAI DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF, INSPIRATIF, MENYENANGKAN, MENANTANG DAN MEMOTIVASI (I2M3) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PAI (Studi Multi Kasus di SMPIT Bina Insani dan SMP Islam al-Fath Kediri)

Maimunatun Habibah, 2846134024 (2015) PERAN GURU PAI DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF, INSPIRATIF, MENYENANGKAN, MENANTANG DAN MEMOTIVASI (I2M3) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PAI (Studi Multi Kasus di SMPIT Bina Insani dan SMP Islam al-Fath Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
cover.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Peran Guru PAI dalam Mewujudkan Pembelajaran Interaktif, Inspiratif, Menyenangkan, Menantang dan Memotivasi (I2M3) untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi PAI (Studi Multi Kasus di SMPIT Bina Insani dan SMP Islam al-Fath Kediri)” ini ditulis oleh Maimunatun Habibah dengan dibimbing oleh Dr. Sulistyorini, M.Ag dan Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag Kata Kunci : peran guru PAI, I2M3, pemahaman peserta didik Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi atas permasalahan pembelajaran PAI yang dinilai membosankan karena menggunakan metode tradisional sehingga materi PAI kurang dipahami dengan baik oleh peserta didik. PAI yang merupakan bagian dari pendidikan nasional hendaknya dilaksanakan sesuai dengan peraturan bahwa proses pembelajaran dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik. Guru sebagai bagian utama dalam proses pembelajaran mempunyai peran penting dalam mewujudkan pembelajaran seperti yang diamanatkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) tersebut. Oleh karena itu, dengan berusaha mewujudkan pembelajaran I2M3, guru diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi PAI yang diberikan. Peneliti juga menemukan guru PAI yang telah berusaha mewujudkan hal tersebut diantaranya adalah guru PAI SMPIT Bina Insani dan SMP Islam al-Fath Kediri. Penelitian ini berfokus pada peran yang dilakukan guru PAI dalam perencanaaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas hingga penilaian dan pengelolaan kelas serta tingkat pemahaman peserta didik pada materi pelajaran PAI di SMPIT Bina Insani dan SMP al-Fath Kediri. Tujuan penelitian tersebut adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam perencanaan pembelajaran untuk mewujudkan pembelajaran I2M3 pada kegiatan belajar mengajar di SMPIT Bina Insani dan SMP al-Fath Kediri. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dalam mewujudkan pembelajaran I2M3 untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi PAI di SMPIT Bina Insani dan SMP al-Fath Kediri. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI pengelolaan kelas untuk mewujudkan pembelajaran I2M3 di SMPIT Bina Insani dan SMP al-Fath Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan rancangan studi multi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisiapan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Model analisis data meliputi analisis masing-masing kasus dan lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Peran guru PAI dalam perencanaan kegiatan belajar mengajar untuk mewujudkan pembelajaran I2M3 di SMPIT Bina Insani dan SMP Islam Al-Fath adalah sebagai konseptor pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Dalam hal ini guru membuat perencanaan pembelajaran, mempelajari serta mengembangkan materi pelajaran, menyiapkan media pembelajaran dan strategi langkah-lagkah kegiatan belajar mengajar. Keseluruhan hal tersebut dibuat dengan mempertimbangkan kondisi peserta didik. (2) Peran guru PAI pada pelaksanaan kegitan belajar mengajar dalam mewujudkan pembelajaran I2M3 untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi PAI di SMPIT Bina Insani dan SMP Islam al-Fath adalah sebagai pelaksana perencanaan pembelajaran yang telah dibuat. sebagai informator sekaligus mediator materi pelajaran. Sebagai motivator yang dapat menggugah rasa ingin tahu peserta didik, membuat peserta didik merasa tertantang untuk terus belajar serta dapat menimbulkan rasa senang mengikuti kegiatan belajar mengajar melalui penggunaan metode dan media pembelajaran secara variatif. Serta sebagai evaluator yang mengadakan penilaian secara kontinyu. (3) Peran guru PAI dalam pengelolaan kelas untuk mewujudkan pembelajaran I2M3 di SMPIT Bina Insani dan SMP Islam al-Fath adalah sebagai pengelola kelas yang lebih condong pada pengelolaan peserta didik. Menjaga kondisi kegiatan belajar mengajar kondusif dengan memanfaatkan media serta fasilitas sekolahuntuk mencegah kebosanan peserta didik. Sebagai problem solver terhadap peserta didik yang kurang memperhatikan pelajaran melalui pendekatan secara personal dan teguran langsung. Tindakan guru tersebut telah sesuai dengan prosedur pengelolaan kelas dimensi pencegahan dan dimensi penyembuhan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2846134024 maimunatun habibah
Date Deposited: 21 Dec 2015 03:46
Last Modified: 21 Dec 2015 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item View Item