PENGEMBANGAN E-MODUL BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING ( CTL ) BERBASIS MULTIKULTURAL DI MI TARBIYATUSSIBYAN BOYOLANGU TULUNGAGUNG

MUCHAMMAD AROSYAD, 12505194021 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING ( CTL ) BERBASIS MULTIKULTURAL DI MI TARBIYATUSSIBYAN BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan E-Modul Bahasa Inggris Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning Berbasis Multikultural Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Muchammad Arosyad dibimbing oleh Prof. Dr. Jazeri, M.Pd., dan Prof. Dr. Hj. Binti Ma’unah, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul Bahasa Inggris, Pendekatan Contextual Teaching Learning, Multikultural ,Hasil Belajar. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh beberapa siswa yang kesulitan memahami isi materi Bahasa Inggris dikarenakan Bahasa Inggris adalah pelajaran yang sulit dan kurangnya pemanfaatan media IT dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu, dibutuhkan inovasi media pembelajaran dalam bentuk IT yang dapat membantu peserta didik memahami materi lebih nyata sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Proses Pengembangan E-Modul Bahasa Inggris Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning Berbasis Multikultural Kelas V MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung?; (2) Bagaimana Efektivitas Penggunaan E-Modul Bahasa Inggris Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning Berbasis Multikultural Kelas V MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung?; (3) Bagaimanakah Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas V MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung dalam menggunakan E-Modul Bahasa Inggris Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning Berbasis Multikultural”? Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Borg and Gall modifikasi Sugiyono, yang berhenti pada tahap ke 7. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran terbatas pada 4 ahli yaitu 2 ahli materi, 2 ahli Media, sasaran uji coba produk yaitu seluruh siswa kelas V-A dan V-B MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung yang berjumlah 42 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan (1) Temuan permasalahan tentang kebutuhan media pembelajaran yang dapat menunjang proses belajar Bahasa Inggris dan mampu meningkatkan hasil belajar . Media pembelajaran yang dihasilkan berupa E-Modul Bahasa Inggris yang mengusung tema “Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning Berbasis Multikultural”. Artinya, E-Modul ini menitikberatkan pada contextual dan menyampaikan berbagai kultur. Selain itu juga memberikan wadah belajar sambal bermain. Mengusung tampilan dengan penuh warna, media pembelajaran ini bertujuan untuk menarik minat peserta didik agar termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris sehingga hasil belajar pun meningkat. (2) Hasil validasi produk oleh ahli media sebesar 99,5% dari ahli media pertama dan 90,5% dari ahli media kedua. Hasil analisis validasi materi oleh ahli materi pertama sebesar 93,25% dan ahli materi kedua sebesar 80,5% Berdasarkan analisis data dari nilai pre test dan post test dengan analisis uji-t menggunakan SPSS 16.0, diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, antara nilai pre test, dan post test yang signifikan. (3) Data diatas menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan E-Modul Bahasa Inggris yang telah dikembangkan terhadap peningkatan hasil belajar kelas V MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa produk pengembangan E-Modul Bahasa Inggris Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning Berbasis Multikultural ini memang valid dan efektif serta layak untuk digunakan serta dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: M.Pd. 12505194021 MUCHAMMAD AROSYAD
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:17
Last Modified: 14 Sep 2022 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30371

Actions (login required)

View Item View Item