EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KELAS VIII MTsN 5 KEDIRI MATERI SISTEM PERNAPASAN

PUJI RAHAYU, 12208183061 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KELAS VIII MTsN 5 KEDIRI MATERI SISTEM PERNAPASAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi dan masih sederhana, sulitnya materi sistem pernapasan, hasil belajar yang kurang memuaskan serta kemauan/minat belajar rendah. Minat merupakan gairah/keinginan yang timbul dari dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu. Dalam belajar minat memiliki peran penting dalam membangun semangat belajar yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar siswa. Siswa dengan minat tinggi tentu akan bersungguh-sungguh dan tekun dalam belajarnya bila dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah. Untuk menumbuhkan minat dalam diri siswa dapat digunakan dengan cara penggunaan media yang menarik salah satunya video pembelajaran. Video pembelajaran dipilih karena dinilai cocok dengan karakteristik dari materi sistem pernapasan yang kompleks dan tidak dapat diamati secara langsung. Materi sistem pernapasan ini merupakan materi yang abstrak, banyak istilah-istilah baru yang asing dan mekanisme-mekanisme yang sulit dipahami secara langsung. Oleh karena itu pemilihan media yang tepat sangat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran dalam materi ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri materi sistem pernapasan (2) Mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri materi sistem pernapasan (3) Mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri materi sistem pernapasan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 07-11 maret 2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Grup Design. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 55 siswa yang terdiri dari kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pegambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Data pada penelitian ini diperoleh dari angket, hasil tes dan dokumentasi. Angket berisi 20 soal pernyataan-pernyataan untuk mengetahui minat belajar siswa. Tes berisi 20 soal pilihan ganda mengenai sistem pernapasan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dokumentasi adalah data berupa foto ataupun data-data lainnya yang berkaitan dengan variabel selama proses penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yaitu uji t-test dan uji manova.Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat Pengaruh yang signifikan dari penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi sistem pernapasan MTsN 5 Kediri. Terbukti dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 76,89 sedangkan hasil dari kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 65,89 (2) Terdapat Pengaruh yang signifikan dari penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi sistem pernapasan MTsN 5 Kediri. Terbukti dengan nilai nilai sig 0,000 < 0,05 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 72,41 sedangkan hasil dari kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 58,04. (3) Terdapat Pengaruh yang signifikan dari penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi sistem pernapasan MTsN 5 Kediri. Terbukti dengan nilai nilai sig 0,000 < 0,05 dimana Ha diterima,

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183061 PUJI RAHAYU
Date Deposited: 13 Sep 2022 13:08
Last Modified: 13 Sep 2022 13:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30372

Actions (login required)

View Item View Item