PENERAPAN METODE TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI RIYADLATUL ULUM WONOCOYO POGALAN TRENGGALEK

ALVINDA NURSAMSA, 12205173200 (2022) PENERAPAN METODE TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI RIYADLATUL ULUM WONOCOYO POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (868kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Skripsi berjudul “Penerapan Metode Tematik Dalam Pembelajaran IPA Kelas V di Mi Riyadlatul Ulum Wonocoyo Pogalan Trenggalek" ditulis oleh Alvinda Nursamsa, NIM. 12205173200, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Nuryani, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan, Metode Tematik, Pembelajaran IPA Kelas V Pelajaran IPA sering kali dianggap menjadi salah satu pembelajaran yang susah dan menyulitkan. Maka penting dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran yang mampu mendukung sebagai stimulus, salah satu dengan menggunakan metode tematik. Metode ini merupakan metode pembelajaran dengan basis penerapan kreatif pada siswa yang langsung bisa di kreatifkan sebaik mungkin, sehingga siswa akan lebih aktif dan mampu mencerna materi pembelajaran lebih baik lagi daripada tanpa menggunakan metode tematik ini. Pelajaran IPA sering kali dianggap menjadi salahsatu pembelajaran yang susah dan menyulitkan. Maka penting dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran yang mampu mendukung sebagai stimulus, salah satu dengan menggunakan metode tematik. Metode ini merupakan metode pembelajaran dengan basis penerapan kreatif pada siswa yang langsung bisa di kreatifkan sebaik mungkin, sehingga siswa akan lebih aktif dan mampu mencerna materi pembelajaran lebih baik lagi daripada tanpa menggunakan metode tematik ini. Fokus dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana tujuan penerapan metode tematik dalam pembelajaran IPA siswa kelas V di MI Riyadlatul Ulum Wonocoyo? 2) Bagaimana prosedur metode tematik dalam pembelajaran IPA siswa kelas V MI Riyadlatul Ulum Wonocoyo? 3) Bagaimana evaluasi penerapan metode tematik dalam pembelajaran IPA siswa kelas V MI Riyadlatul Ulum Wonocoyo? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, ditujukan untuk memahami fenomen atentang apa saja yang terjadi di lapangan.. Adapun Jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah deskriptif yang berusaha untuk mendeskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada sesuai dengan fakta. Hasil penelitian ini yaitu Pembelajaran Tematik di MI Riyadlatyul Ulum Wonocoyo Pogalan Trenggalek memiliki bertujuan agar siswa memahami materi ajar dengan mudah, menguasi materi dengan cepat dan tanggap selanjutnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Prosedur atau langkah-langkah Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran IPA Tematik di MI Riyadlatyul Ulum Wonocoyo Pogalan Trenggalek sudah ada dan direncanakan sebelumnya hal ini dilakukan untuk keefektifan selama proses pembelajaran yang meliputi perencanaan awal, persiapan materi pembelajaran, dan pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tertarik dan mudah memahami. Evaluasi atau penilaian MI Riyadlatul Ulum Wonocoyo Pogalan Trenggalek adalah adalah perihal hasil belajar siswa dengan mengadakan evaluasi untuk peserta didik dengan mengerjakan tugas yang telah diperintahkan oleh guru yang biasanya juga mengirim dalam bentuk audio, seperti materi tentang tematik IPA, hafalan dan sebagainya. Bentuk tugas praktik tersebut juga untuk mengetahui seberapa pemahaman peserta didik dalam materi yang telah dipelajar. menggunakan penilaian proses dan penilaian hasil, penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat aktifitas tanya jawab, apersepsi dan pada saat aktifitas belajar siswa. penilaian hasil dilakukan saat evaluasi, ulangan harian, UTS dan UAS.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173200 ALVINDA NURSAMSA
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:46
Last Modified: 14 Sep 2022 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30393

Actions (login required)

View Item View Item