ERSALINDA TRISTANTI, 12205173117 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QURAN PESERTA DIDIK DI SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (861kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Peserta Didik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Ersalinda Tristanti, NIM. 12205173117, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Kemampuan Baca, Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kemampuan baca Al-Qur’an pada peserta didik yang berbeda-beda. Pada era sekarang pendidikan islam sangat penting diberikan kepada pendidikan formal utamanya pada sekolah dasar. Guna untuk membekali ilmu, pengetahuan dan wawasan kepada peserta didik selain pelajaran umum dan memberikan pembelajaran Al-Qur’an. Dalam pembelajaran Al-Qur’an ada beberapa hal yang sangat penting diajarkannya antara lain kesesuaian baca Al-Qur’an, ilmu tajwid serta kefasihan dalam membacanya. Salah satu pendidikan formal yang memberikan pembelajaran Al-Qur’an pada peserta didik adalah SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru untuk meningkatkan kesesuaian membaca Al-Qur’an dengan makhrijul huruf peserta didik di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi guru untuk meningkatkan ketepatan membaca Al-Qur’an dengan ilmu tajwid peserta didik di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?, (3) Bagaimana strategi guru untuk meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an peserta didik di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi guru untuk meningkatkan kesesuaian membaca Al-Qur’an dengan makhrijul huruf peserta didik ditekankan bagaimana strategi guru tersebut dalam meningkatkan kesesuaian baca Al-Qur’an. (2) strategi guru untuk meningkatkan ketepatan membaca Al-Qur’an dengan ilmu tajwid peserta didik adalah menekankan dengan cara bagaimana strategi guru dalam meningkatkan ilmu tajwid peserta didik. (3) strategi guru untuk meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an peserta didik. Ditekankan dengan cara bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kefasihan baca Al-Qur’an agar peserta didik mampu membaca dengan fashih.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173117 ERSALINDA TRISTANTI |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 08:45 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 08:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30395 |
Actions (login required)
View Item |