KESADARAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK KELUARGA PERANTAU (Studi Kasus Di Desa Gedangan Kec. Gedangan-Sidoarjo)

WILLIES VIDYA PRAMESTHI, 128506203033 (2022) KESADARAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK KELUARGA PERANTAU (Studi Kasus Di Desa Gedangan Kec. Gedangan-Sidoarjo). [ Thesis ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Seseorang yang memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan anaknya itu sendiri mendorong orangtua untuk melakukan hal apapun untuk anaknya. Orangtua yang sadar akan pendidikan anaknya maka juga akan terlibat langsung dalam mendidik dan memberikan pengajaran moral demi menjadikan anaknya sebagai manusia yang memiliki budi pekerti yang luhur. Lingkungan geografis dari Desa Gedangan-Sidoarjo merupakan dimana lingkungan tersebut banyak didirikan pabrik pabrik swasta sehingga para peratau dari luar kota Sidoarjo pun banyak sekali sekitar kurang lebih 50% an. Dari warganya adalah perantauan. Dimana lingkungan di desa ini dibagi menjadi 2, yaitu : perumahan elit dan juga ada kampung. Penduduk merantau ke luar daerah untuk memnuhi kebutuhan perekonomian keluarganya. Fokus penelitian ini adalah Kesadaran Orangtua Dalam Pendidikan Agama Islam Bagi Keluarga Perantau ( Studi Kasus di Desa Gedangan Kec. Gedangan Kab. Sidoarjo ) , yaitu ditinjau dari : 1). Bagaimana Cara Orangtua Dalam Mendidik Agama Islam Bagi Keluarga Perantau di Desa Gedangan Kec Gedangan Kab. Sidoarjo? 2). Bagaimana Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Keluarga Perantau di Desa Gedangan Kec Gedangan Kab. Sidoarjo? 3). Bagaimana Pengoptimalan Orangtua Dalam Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Keluarga Perantau di Desa Gedangan Kec Gedangan Kab. Sidoarjo ? Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1). Cara Orangtua dalam mendidik agama islam bagi anak keluarga perantau meliputi: metode dialog Qurani dan Nabawi, metode keteladanan, dan metode pengalaman 2). Keterlibatan orangtua dalam Pendidikan Agama Islam bagi anak keluarga perantau meliputi: perhatiam orangtua terhadap anak, tanggungjawab anak terhadap pendidikan anak, dan partisipasi orangtua 3). Pengoptimalan orangtua dalam pendiidkan agama islam bagi anak keluarga perantua, meliputi : pemberian reward, Punishment, dan memberikan fasilitas dalam menunjang anak-anak untuk pendidikannya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 128506203033 WILLIES VIDYA PRAMESTHI
Date Deposited: 09 Sep 2022 09:19
Last Modified: 09 Sep 2022 09:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30414

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item