ROUDATUL JANNAH, 12204183257 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII MTS AL ISTIQOMAH DUNGUS MADIUN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (979kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (138kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika yang selama ini berlangsung cenderung fokus pada penguasaan konsep dengan tidak memberikan kebebasan siswa untuk berpikir secara mandiri dan kreatif. Hal ini secara tidak langsung dapat menghambat kemampuan berpikir siswa, terutama kemampuan berpikir kreatif. Berpikir kreatif sendiri dapat diketahui dan dikembangkan melalui pendekatan pengajuan masalah. Dalam penelitian ini, digunakan 3 indikator penilaian kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengajukan masalah yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pengajuan masalah matematika materi lingkaran. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian ini ada di MTs Al Istiqomah Dungus Madiun. Sumber data ialah siswa kelas VIII A yang berjumlah 28 siswa, kemudian dipilih 6 siswa secara purposive sebagai subjek penelitian, yakni berdasarkan pertimbangan respon siswa yang berhasil membuat masalah sesuai jumlah tes dan juga saran guru matematika terkait kemampuan serta kesediaan siswa untuk menjadi subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah- langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan keikut sertaan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek memiliki kemampuan berpikir kreatif yang sama. Keseluruhan subjek mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif kefasihan dalam mengajukan masalah. Keseluruhan subjek tidak mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif fleksibilitas dalam mengajukan masalah. Keseluruhan subjek tidak mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif kebaruan dalam mengajukan masalah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183257 ROUDATUL JANNAH |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 14:08 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 14:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30421 |
Actions (login required)
View Item |