SITI QIFTIYATUL MUZDALIFAH, 12211183024 (2022) PENGARUH METODE DRILL SOAL FISIKA PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTs NEGERI 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di MTsN 8 Tulungagung. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diperoleh informasi bahwa peserta didik kelas IX khususnya kelas IX A dan IX D mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan rumus fisika. Sehingga, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di sekolah tersebut guna menerapkan metode drill serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode tersebut terhadap hasil belajar kognitif yang diperoleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan yang signifikan pada penerapan metode drill soal Fisika pada materi Induksi Elektromagnetik terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas IX di MTsN 8 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan variabel bebas yaitu metode drill, dan variabel terikat yaitu Hasil belajar kognitif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX A dan IX D MTsN 8 Tulungagung yang jumlahnya terdiri dari 64 peserta didik. Teknik pengambil sampel yang digunakan yaitu Teknik purposive sampling. Adapun instrument dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Analisis data menggunakan tiga macam uji yaitu uji instrument (validitas dan reabilitas), uji prasyarat (uji normalitas), uji hipotesis (uji independent samples t-test dan ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh peggunaan metode Drill soal fisika pada materi induksi elektromagnetik terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas IX di MTs Negeri 8 Tulungagung. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independent samples test, diperoleh nilai signifikan (2-tailed) yaitu sebesar 0,000, maka nilai tersebut menandakan 0,000 < 0,05. Serta uji ANOVA sebesar 0,003 < 0,05. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara Metode Drill dan Hasil Belajar Kognitif. Kata kunci : Metode Drill, Fisika, Hasil Belajar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika > Fisika terapan Pendidikan > Peserta Didik Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | S1 12211183024 SITI QIFTIYATUL MUZDALIFAH |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 01:47 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 01:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30426 |
Actions (login required)
View Item |