ITA AMALIA SAFITRI, 17205163078 (2022) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI MI AL HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (765kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (333kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping di MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung,” yang ditulis oleh Ita Amalia Safitri, NIM. 17205163078, dibimbing oleh Bapak Dr. H. Muhammad Muntahibun Nafis, M. Ag. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Mind Mapping Permasalahan dalam kegiatan pembelajaran merupakan sebuah bagian dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar yang tidak terpisahkan. Untuk itu diperlukan adanya metode pembelajaran yang tepat dalam mengatasi persoalan dalam pembelajaran. Fungsi metode mengajar dalam keseluruhan sistem pengajaran adalah sebagaimana alat untuk mencapai tujuan pengajaran. Peta konsep dapat menjadi media yang menarik dan membantu siswa untuk mempelajari materi. Dengan menggunakan peta konsep bergambar diharapkan siswa dapat melihat gambaran umum materi dan keterkaitan dari masing-masing istilah yang ada dalam materi. Dengan adanya penerapan metode pembelajaran mind mapping di MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta menciptakan suasana belajar yang kondusif. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana bentuk implementasi metode pembelajaran mind mapping di MI Al – Hidayah 01 Betak?, 2) Bagaimana proses implementasi metode pembelajaran mind mapping di MI Al – Hidayah 01 Betak?, 3) Bagaimana implikasi implementasi metode pembelajaran mind mapping di MI Al – Hidayah 01 Betak? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Alasan peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif adalah untuk mengetahui fenomena fenomena yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini, yaitu 1) Metode pembelajaran Mind Mapping dapat membantu seseorang membuat catatan yang menarik dalam waktu singkat. Metode mind mapping yang diterapkan di MI Al – Hidayah 1 Betak bukan hanya sekedar jalan, namun dengan tujuan adanya peningkatan kreatifitas dan hasil pembelajaran. 2) Penerapan proses metode pembelajaran meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam sebuah kegiatan pembelajaran pada umumnya wajib dilaksanakan oleh seorang tenaga pendidik dan lembaga. Harapannya proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh dilaksanakan di MI Al – Hidayah 1 Betak dapat berjalan dengan maksimal. 3) Pihak MI Al – Hidayah 01 Betak telah mengintegrasikan proses metode pembelajaran mind mapping dengan K13. Agar pembelajaran yang berlangsung tidak berjalan sendiri, melainkan tetap dengan materi yang mengacu pada k13. Pada dasarnya pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping, diharapkan dapat mendorong keberhasilan pembelajaran, mampu melatih kreatifitas berfikir siswa, dan menjaga suasana kelas agar kondusif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163078 ITA AMALIA SAFITRI |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 08:35 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 08:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30472 |
Actions (login required)
View Item |