PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF H{ADI<S| DALAM KITAB KUTUB AL-TIS’AH (KAJIAN TEMATIK)

NANANG WAHYUDI, 3231113013 (2015) PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF H{ADI<S| DALAM KITAB KUTUB AL-TIS’AH (KAJIAN TEMATIK). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1 SAMPUL SKRIPSI PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF HADIS.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II GAMBARAN UMUM PENDIDIKAN ANAK.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III HADIS-HADIS TENTANG PENDIDIKAN ANAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV PERSPEKTIF HADITS TENTANG PENDIDIKAN ANAK DALAM KUTUB TIS'AH.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Pendidikan Anak dalam Perspektif Hadits dalam Kutub al-Tis’ah (Kajian Tematik)”. Penulis Nanang Wahyudi, NIM 3231113013. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir. Pembimbing. Dr. H. Abad Badruzaman, Lc. M.Ag. Kata Kunci : Pendidikan Anak, Hadits, dan Kutub al-Tis’ah Pendidikan pada anak merupakan perkara yang sangat penting di dalam Islam. Di dalam al-Quran kita dapati bagaimana Allah menceritakan petuah-petuah Luqman yang menjelaskan bentuk pendidikan bagi anak-anaknya. Diantara pendidikan untuk membentuk insan kamil (manusia paripurna) yang sudah diterapkan Luqman pada anaknya adalah pendidikan aqidah, pendidikan ibadah, dan pendidikan akhlak. Masalah pendidikan anak adalah bagian dari persoalan yang dihadapi oleh para orangtua. Saat ini banyak orangtua yang kebingungan bagaimana cara mendidik anak dan pendidikan apa yang diberikan kepada anak. Kebanyakan dari mereka yang tidak dibekali ilmu syar’i dari al-Quran dan sunnah hanya mengajarkan anaknya sesuai adat yang berlaku di daerahnya, mengikuti berjalannya waktu. Sehingga saat si anak menginjak usia remaja kenakalan mereka membuahkan rasa sakit tersendiri bagi orangtuanya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kualitas hadits tentang pendidikan anak dalam kitab Kutub al-Tis’ah? (2) Bagaimana perspektif hadits tentang pendidikan anak dalam Kutub al-Tis’ah? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kualitas hadits tentang pendidikan anak dalam kitab Kutub al-Tis’ah. (2) Mengetahui perspektif hadits tentang pendidikan anak dalam Kutub al-Tis’ah. Penilitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik studi literatur sebagai sesuatu teknik yang dipergunakan untuk mempelajari buku-buku referensi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Tematik (maudhu’i) peneliti berusaha menghimpun hadits-hadits tentang pendidikan anak yang mempunyai maksud sama, dalam arti sama-sama membicarakan satu topik masalah kemudian penulis memberi keterangan dan penjelasan serta mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian penulis, hadits tentang pendidikan anak dalam Kutub al-Tis’ah sangat banyak sekali, dilihat dari ketersambungan sanad dan penilaian ulama tentang para perawi mayoritas s}ah}i>h}. Sedangkan hadits tentang pendidikan anak berdasarkan unsur utama yang harus terdapat dalam proses pendidikan adalah pendidik (orangtua, ustadz, guru), metode pendidikan (keteladanan, tanya jawab, hukuman, hadiah, perhatian, dan pengulangan) dan materi pendidikan (akidah, ibadah, dan akhlak). Dengan demikian, orangtua harus menginginkan anaknya terbentuk sebagai generasi muslim yang memahami Islam secara benar dan murni, meyakinkannya secara mendalam, mempraktikannya dalam diri sendiri dan keluargannya, berjuang meninggikan kalimat Allah, menerapkan syari’at-Nya serta berakhlak yang mulia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: 3231113013 NANANG WAHYUDI
Date Deposited: 18 Dec 2015 02:58
Last Modified: 18 Dec 2015 02:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3051

Actions (login required)

View Item View Item