PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE FORM BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL

BINTI AFIFATUL ROHMANIA, 12208183153 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE FORM BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Google Form Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol” ini ditulis oleh Binti Afifatul Rohmania, NIM.12208183153, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci : Google Form, Pendekatan Saintifik, Minat, Hasil Belajar Penelitian dilatarbelakangi oleh fakta bahwa beberapa sekolah di Indonesia masih sering menggunakan metode pembelajaran konvensional dan penggunaan media hanya berupa buku sehingga pembelajaran cenderung membosanka padahal saat ini kemajuan teknologi yang merambah ke dunia pendidikan telah memberikan banyak sekali kemudahan. Materi sistem pencernaan manusia membutuhkan media yang dapat menunjang dalam pembelajaran. Materi ini tidak dapat dilihat secara langsung. Oleh karena itu perlu adanya inovasi pada media pembelajaran sehingga siswa dapat lebih mudah untuk memahami materi. Pada google form dapat memasukan gambar atau video sehingga dapat membantu siswa. Google form lebih sering digunakan untuk mengirim soal, namun ternyata ini juga dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran. Selain media, untuk pembelajaran lebih efektif perlu adanya model pembelajaran yang inovatif juga, salah satunya adalah dengan pendekatan saintifik. Karena pada pada materi sistem pencernaan manusia membutuhkan visualisasi, pendekatan saintifik sangat membantu karena di dalamnya terdapat langkah 5M yang dapat meringkas pembelajaran dan mengemas pembelajaran menjadi lebih efektif, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi dan lebih mudah menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan google form berbasis pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan google form berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Nonequivalent control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D (kelas eksperimen) dan kelas VIII-E (kelas kontrol) SMPN 2 Sumbergempol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan LKPD yang kemudian di validasi oleh ahli. Setelah dinyatakan valid oleh validator ahli, instrumen kemudian di uii coba pada 30 siswa yang sudah pernah menerima materi sistem pencernaan manusia sebelumnya yang menunjukan hasil bahwa 20 pernyataan angket minat dinyatakan valid dan 30 soal dinyatakan valid. Teknik pengumpulan data berupa metode tes, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji t. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh penggunaan google form berbasis pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol dengan nilai ttabel < thitung, 2,001 < 6,397 dari hasil uji hipotesis, (2) Ada pengaruh penggunaan google form berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Hal ini ditunjukan dengan nilai ttabel < thitung, 2,001 < 10,412 dari hasil uji hipotesis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183153 Binti Afifatul Rohmania
Date Deposited: 14 Sep 2022 15:25
Last Modified: 14 Sep 2022 15:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30538

Actions (login required)

View Item View Item