STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA AUTIS DI SLB NEGERI PANGGUNGSARI Kab.TRENGGALEK TAHUN AJAR 2021/2022

DWI ERI KRISTANTI, 12205173304 (2022) STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA AUTIS DI SLB NEGERI PANGGUNGSARI Kab.TRENGGALEK TAHUN AJAR 2021/2022. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (736kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Autis di SLB Negeri Panggungsari Kab. Trenggalek Tahun Ajar 2021/2022” ini ditulis oleh Dwi Eri Kristanti, NIM 12205173304, pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata kunci: strategi guru, konsentrasi belajar Autisme merupakan salaha satu gangguan perkembangan yang terjadi pada anak. Gangguan ini ditunjukkan dengan kurangnya kemampuan anak untuk berinteraksi sosial, berkomunikasi dengan orang lain serta adanya gangguan perilaku yang cenderung hiperaktif. Gangguan tersebut menyebabkan anak yang menyandang autis kesulitan dalam berkonsentrasi. Kesulitan berkonsentrasi ini memiliki dampak dalam kegiatan belajarnya yaitu kesulitan memahami materi yang diajarkan. Fokus penelitian ini (1) Karakteristik siswa autis di SLB Negeri panggungsari Trenggalek (2) Strategi guru untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa autis di SLB Negeri Panggungsari Trenggalek (3) Dampak peningkatan konsentrasi belajar pada siswa autis di SLB Negeri Panggungsari Trenggalek. Penelitian ini menggungakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Paparan data dan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi data. Hasil dalam penelitian ini yaitu siswa mengalami keterlambatan berbicara, mengalami kesulitan berinteraksi sosial, mengucapkan kata yang tidak bermakna berulang-ulang, dan memiliki emosi yang labil. Strategi yang dilakukan guru yaitu dengan merincikan tugas, memberikan tugas sesuai kemampuan anak, membimbing siswa, menggunakan media visual berupa gambar, menggunakan bahasa yang singkat dan mudah dipahami. Dampak dari peningkatan konsentrasi ini siswa dapat berkonsentrasi 5 sampai 15 menit saat belajar. Terdapat peningkatan kemampuan dalam bidang kognitif berupa kemampuan membaca, menulis dan berhitung. Peningkatan dalam bidang afektif berupa respon saat berkomunikasi dan melakukan perintah sederhana. Peningkatan dalam bidang psikomotorik berupa kemampuan memegang pensil dengan benar, mewarnai dan menebali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > ABK
Pendidikan
Pendidikan > Sekolah Inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173304 DWI ERI KRISTANTI
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:52
Last Modified: 14 Sep 2022 08:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30541

Actions (login required)

View Item View Item