OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTSN 1 BLITAR

ALFIN MUHAMMAD MILAA DURROFIQ, 12207173010 (2022) OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTsN 1 Blitar”, ini ditulis oleh Alfin Muhammad Milaa Durrofiq, NIM 12207173010, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran Dalam kehidupan yang penuh dengan kompetisi seperti ini, tuntutan masyarakat terhadap kualitas semakin tinggi, termasuk tuntutan terhadap kualitas sarana dan prasarana pendidikan sekolah. Hal tersebut dikarenakan masyarakat masih yakin sekolah mampu menjawab dan mengantisipasi berbagai tantangan masa depan. Melihat kondisi sarana dan prasarana lembaga pendidikan di Indonesia untuk saat ini kondisi cukup memprihatinkan, banyak sekolah yang masih sangat minim dari segi ke layakan dari sarana dan prasarana yang diberikan. Dalam konteks inilah beberapa sekolah berupaya menerapkan sistem optimalisasi manajemen sarana dan prasarana untuk memberikan kualitas layanan pendidikan terbaiknya untuk masyarakat. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana optimalisasi perencanaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 1 Blitar? (2) Bagaimana optimalisasi pelaksanaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 1 Blitar?, (3) Bagaimana optimalisasi pengawasan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 1 Blitar?, (4) Bagaimana optimalisasi evaluasi sarana dan prasarana Pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 1 Blitar? Penelitian ini megunakan pendekatan kualitati dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berasal dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data ada tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber (data), Triangulasi teknik dan Triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan sarana dan prasarana terdiri dari (a) analisis terhadap keburuhan sarana sesuai dengan kebutuhan masing-masing guru mata pelajaran. (b) Mengadakan rapat koordinasi terhadap pihak-pihak terkait. (c) Pengadaan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan. (d) Pengelolaan sumber anggaran dana (2) Pelaksanaan sarana dan prasarana terdiri dari (a) pelaksanaan sarana dan prasarana diawali dengan proses pemanfaatan sarana dan prasarana (b) Peme;iharaan sarana dan prasarana (c) Pengiventarisan sarana dan prasara (d) Penghapusan sarana dan prasarana (3) Pengawasan sarana dan prasarana melibatkan seluruh pihak, karena sarana dan prasarana yang dimiliki merupakan tanggungjawab dan milik bersama. (4) Evaluasi sarana dan prasarana terdiri dari (a) proses evaluasi dilakukan secara berkala oleh wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana. (b) proses evaluasi sarana dan prasarana meliputi inventarisasi keberadaan sarana dan prasarana, mengumpulkan data pendukung, dan tanggapan pengguna sarana dan prasarana, (c) tolak ukur keberhasilan sarana dan prasarana ialah tersedianya seluruh sarana dan prasarana. (d) dalam kegiatan sarana dan prasarana harus ada rencana tindak lanjut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207173010 ALFIN MUHAMMAD MILAA DURROFIQ
Date Deposited: 15 Sep 2022 08:42
Last Modified: 15 Sep 2022 08:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30547

Actions (login required)

View Item View Item