MOHAMAD SYUKRON FARHAN SYADIDA, 12506194080 (2022) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Multisitus di MA Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar dan SMK Hidayatul Mubtadiin Satreyan Kanigoro Blitar). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (935kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Multisitus di MA Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar dan SMK Hidayatul Mubtadiin Satreyan Kanigoro Blitar)” ini ditulis oleh Mohamad Syukron Farhan Syadida dengan Pembimbing I. Prof. Dr. Hj. Elfi Muawanah, S.Ag, M.Pd Dan Pembimbing II. Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran PAI, Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di tengah kebijakan social distancing and physical distancing dikarenakan adanya pandemi covid-19. pandemi ini memporakporandakan hampir keseluruh sendi kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Berjalannya dunia pendidikan sekarang ini tidak lagi sama dengan dengan masa-masa sebelumnya. Banyak hal yang berubah, mulai dari tempat belajar yang harus berjaga jarak minimal 1 meter, cara belajar yang tadinya berjalan normal sebagaimana mestinya sekarang lebih menggunakan waktu belajar bergantian di dalam kelas. Metode belajar harus menggunakan metode yang tepat untuk meningkatkan motivasi bekajar siswa di masa pandemic ini. Dalam hal ini Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dituntut untuk tetap berjalan melangsungkan pendidikan. Hal tersebut memaksa setiap sekolah, guru, siswa maupun orang tua untuk menyesuaikan diri pada kondisi yang baru. Fokus dan pertanyaan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Metode yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Bagaimana Implikasi Motivasi yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. (3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung belajar siswa. Tujuan penilitian ini adalah (1) Mendapatkan informasi yang akurat tentang apa saja metode yamg digunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Mendiskripsikan Implikasi motivasi belajar PAI siswa. (3) Mendapatkan informasi yang akurat tentang faktor penghambat dan pendkung dalam peningkatan motovasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, jenis field research dengan rancangan studi multisitus. Lokasi penelitian di di MA Al Muslihun Tlogo dan SMK Hidayatul Mubtadiin Satreyan. Sumber data penelitian diambil dari tiga unsur yaitu People, Places dan paper. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Dalam mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) metode guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 berupa metode ceramah,demonstrasi dan eksperimen, tanya jawab, dan penugasan (2) Implikasi motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 terdiri dari ta’dzimul ustadz, ta’dzimul walidaini serta berguna bagi masyarakat sekitarnaya (3) Ada beberapa faktor pendukung terhadap motivasi belajar siswa di MA Al Muslihuun Tlogo dan SMK Hidayatul Mubtadiin Satreyan di masa pandemic covid-19 ini.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 12506194080 MOHAMAD SYUKRON FARHAN SYADIDA |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 03:25 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 03:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30548 |
Actions (login required)
View Item |