EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS WEB (E-LEARNING) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN 2 NGANJUK

‘ALAIN ASLIHATUL HIDAYAT, 12205183221 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS WEB (E-LEARNING) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN 2 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (688kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Web (E learning) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 2 Nganjuk” ini ditulis oleh ‘Alain Aslihatul Hidayat, NIM. 12205183221, pembimbing Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Berbasi web (e-learning), Pemahaman Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis web (e-learning) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV MIN 2 Nganjuk. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah : (1) Apakah Pembelajaran Berbasis Web (e-learning) terbukti Efektif terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 2 Nganjuk? (2) Seberapa besar keefektifan Pembelajaran Berbasis Web (E learning) terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 2 Nganjuk? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu quasi eksperimen (eksperimen semu), yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki karakterisitik yang sama dengan perlakuan yang berbeda. Populasi dalam penelitian berjumlah 120 siswa dengan sampel 49 siswa dan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel (sampling). Penelitian dengan metode observasi (pengamatan), tes dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data uji t dan perhitungan besar/kecilnya efek (effect size) menggunakan rumus cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Diketahui hasil uji t menunjukkan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan penjelasan bahwa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183221 ‘ALAIN ASLIHATUL HIDAYAT
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:19
Last Modified: 16 Sep 2022 09:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30555

Actions (login required)

View Item View Item