KHARISMA NUR KHOLISAH, 12205183016 (2022) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MI AL UMRON DESA BENDOSEWU KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (872kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (665kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (700kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Antara Lingkungan Belajar dan Hasil Belajar Siswa MI Al Umron Bendosewu Kecamatan Talun Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Kharisma Nur Kholisah, NIM.12205183016, pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Hasil Belajar Semakin majunya zaman, pendidikan dituntut untuk dapat melahirkan generasi yang adaptif. Dalam mencetak generasi adaptif maka perlu adanya kesiapan dari seluruh aspek yang berkaitan dengan berlangsungnya proses pendidikan. Dalam praktiknya pendidikan erat kaitannya dengan lingkungan belajar. Namun pada kenyatannya masih banyak ditemui ketidaksiapan pada aspek lingkungan belajar. Sebagaimana yang dikatakan oleh Slameto, masih banyak orang tua yang tidak mendukung dan memperhatikan bahkan tidak siap untuk mendampingi kegiatan belajar siswa di rumah. Masih banyak sekolah yang belum lengkap sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran siswa. Belum lagi ditambah dengan semakin besarnya pengaruh pergaulan dan media massa yang ada di lingkungan masyarakat. Hal ini tentunya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui seberapa baik lingkungan belajar siswa MI Al Umron Bendosewu Talun Blitar; 2) Untuk mengetahui seberapa baik hasil belajar siswa MI Al Umron Bendosewu Talun Blitar; 3) Untuk mengetahui adakah hubungan antara lingkungan belajar dan hasil belajar siswa MI Al Umron Bendosewu Talun Blitar. Penelitian ini di lakukan di MI Al Umron Bendosewu Talun Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I hingga kelas VI sejumlah 276 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Sehingga dari rumus Slovin dengan tingkat signifikansi 10% diperoleh sampel sejumlah 73 responden. dan jumlah sampel yang diambil dari masing-masing kelas diambil dari jumlah siswa dalam satu kelas dibagi jumlah sampel total dikalikan dengan jumlah populasi, sehingga diperoleh jumlah sampel yang proporsional dari setiap kelasnya. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Korelasi Pearson Product Moment karena telah dipenuhi uji prasyarat uji korelasi bivariate yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Penghitungan uji prasyarat dan uji hipotesis dilakukan dengan bantuan SPSS 20.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Lingkungan belajar siswa di MI Al Umron termasuk dalam kategori baik; 2) Hasil belajar siswa di MI Al Umron termasuk ke dalam kategori baik; 3) Ada hubungan yang signifikan dan berarah positif antara lingkungan belajar dan hasil belajar siswa MI Al Umron Bendosewu. Koefisien korelasi menunjukkan hasil sebasar 0,879 yang artinya hubungan antara lingkungan belajar dan hasil belajar siswa MI Al Umron Bendosewu adalah kuat atau tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183016 KHARISMA NUR KHOLISAH |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 02:57 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30556 |
Actions (login required)
View Item |