STRATEGI GP ANSOR DALAM MENANAMKAN NILAINILAI PENDIDIKAN ASWAJA AN-NAHDLIYAH (Studi Kasus di PAC Bandung Kabupaten Tulungagung)

FIKA SIROJUL HAMID, 12506194026 (2022) STRATEGI GP ANSOR DALAM MENANAMKAN NILAINILAI PENDIDIKAN ASWAJA AN-NAHDLIYAH (Studi Kasus di PAC Bandung Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi GP Ansor Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja An-Nahdliyah (Studi Kasus di PAC Bandung Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Fika Sirojul Hamid dengan Pembimbing I. Prof. Dr. H. Akhyak , M. Ag. Dan Pembimbing II. Dr. Agus Purwo Widodo, M. Pd. Kata Kunci: Strategi GP Ansor, Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja AnNahdliyah Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang makin banyaknya ekstrimisme dalam bidang pemikiran dan kehidupan sosial masyarakat di Kecamatan Bandung. Gerakan Pemuda (GP) Ansor pimpinan Anak Cabang (PAC) Bandung Tulungagung hadir sebagai salah satu gerakan sosial keagamaan berusaha untuk menanamkan semangat perjuangan ala Nahdiyin melalui berbagai kegiatan dan dimulai dari masyarakat. Oleh sebab itu, GP Ansor PAC Bandung harus memiliki strategi dalam menanamkan nilai-nilai ASWAJA An-Nahdliyah. Fokus dan pertanyaan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Tipologi Nilainilai Pendidikan ASWAJA An Nahdliyah di GP Ansor di PAC Bandung?; (2) Bagaimana proses implementasi Nilai-nilai Pendidikan ASWAJA An Nahdliyah di GP Ansor PAC Bandung ?; dan (3) Bagaimana Implikasi Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan ASWAJA An Nahdliyah GP Ansor di PAC Bandung?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis dan mengemukakan tipologi nilainilai pendidikan aswaja an-nahdliyah di GP Ansor PAC Bandung;(2) Mendeskripsiksn Proses implementasi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan ASWAJA An Nahdliyah GP Ansor di PAC Bandung.; (3) Mendeskripsikan implikasi dari strategi penanaman nilai-nilai pendidikan ASWAJA An Nahdliyah GP Ansor di PAC Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif , jenis field research dengan rancangan sudi kasus. Lokasi penelitian di GP Ansor PAC Bandung. Sumber data penelitian diambil dari tiga unsur yaitu People, Places dan paper. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Dalam mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Tipologi nilai-nilai pendidikan ASWAJA An Nahdliyah di GP Ansor di PAC Bandung yaitu nilai tawasuth, tawazun dan tasamuh; (2) Proses implementasi nilai-nilai pendidikan ASWAJA An Nahdliyah di GP Ansor di PAC Bandung yaitu melalui kegiatan yasin dan tahlil pengkajian kitab ayyuhal walad dan risalah ahlus sunah wal jama’ah dan kegiatan bulanan GP Ansor; (3) Implikasi strategi penanaman nilainilai pendidikan ASWAJA An Nahdliyah GP Ansor di PAC Bandung yaitu nilai pendidikan at-tawasuth masyarakat senantiasa tetap berpendirian teguh terhadap pendapatnya dan tidak ekstrim menganggap pendapat orang lain salah, nilai Pendidikan at-tawazun masyarakat senatiasa seimbang dalam urusan dunia yakni tetap berbaur dengan orang lain dan urusan akhirat yakni senantiasa mengabdi kepada Allah SWT, dan nilai pendidikan at-tasamuh masyarakat senantiasa bersikap toleransi terhadap sesama dengan menerima dan menghormati segala bentuk perbedaan yang di jumpai dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 12506194026 FIKA SIROJUL HAMID
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:20
Last Modified: 20 Sep 2022 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30574

Actions (login required)

View Item View Item