INTERNALISASI NILAI-NILAI AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH AN NAHDLIYYAH DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING (Studi Multisitus Di Pondok Pesantren Raden Paku Trenggalek dan Pondok Pesantren Subulussalam Gandusari Trenggalek)

ARIF YAHYA, 12506194070 (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH AN NAHDLIYYAH DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING (Studi Multisitus Di Pondok Pesantren Raden Paku Trenggalek dan Pondok Pesantren Subulussalam Gandusari Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul ―Internalisasi Nilai-Nilai Ahlussunah Wal Jama‘ah An Nahdliyyah Dalam Pembelajaran Kitab Kuning‖ ini ditulis oleh Arif Yahya dengan promotor Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. dan Dr. Ngainun Naim, M.H.I. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-Nilai Ahlusunnah Wal Jama‘ah, Pembelajaran Kitab Kuning Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa kitab kuning masih dapat bertahan dalam kurun waktu yang sangat lama. Perkembangan zaman tidak bisa mengikis akan keunggulan dari kitab kuning ini. Justru kitab kuning menjadi rujukan dalam menjawab permasalahan umat. Kitab kuning dalam pembelajarannya memiliki nilai-nilai yang mendalam untuk dikaji. Salah satu dapat diambil adalah nilai-nilai ahlusunnah wal jama‟ah. Perihal masalah ini penting untuk dikaji dalam menghadapi perkembangan zaman. Sehingga umat muslim tetap kukuh dalam pendirian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai ahlussunah wal jama‟ah melalui pembelajaran kitab-kitab akidah di pondok pesantren Subulussalam dan pondok pesantren Raden Paku, (2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai ahlussunah wal jama‟ah melalui pembelajaran kitab-kitab syariah di pondok pesantren Subulussalam dan pondok pesantren Raden Paku?, (3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai ahlussunah wal jama‟ah melalui pembelajaran kitab-kitab akhlak di pondok pesantren Subulussalam dan pondok pesantren Raden Paku? Tesis ini berguna bagi peneliti sebagai tambahan wawasan, pola pikir maupun sikap sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas dalam pembelajaran, yakni dengan cara memahami internalisasi nilai-nilai ahlusunnah wal jamaah dalam pembelajaran kitab kuning. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan teknik paparan informan, dengan temuan yang deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Internalisasi Nilai-nilai Akidah dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Subulussalam dan Pondok Pesantren Raden Paku berupa Tawassuth, I‟tidal, Tasamuh, Tawazun dan Amar ma‟ruf nahi munkar, metode internalisasi nilai-nilai akidah melalui Power Strategi, Persuasif Strategi dan Normative Re-Educative. Tahapan internalisasi berupa Transformasi Nilai, Tahap Transaksi Nilai dan Tahap Trans – Internalisasi. (2) Internalisasi Nilai-nilai Syariah melalui bandongan, sorogan, pengkajian kitab dan Al-Qur‘an dan presentasi. Hasil internalisasi berupa kukuh dalam pendirian dan tegas. (3) Internalisasi Nilai-nilai Akhlak lewat jalan mengutamakan adab, uswatun hasanah dan proses internalisasi dengan pemberian materi-materi pengajian akhlak dan metode pembentukan akhlak serta pembiasaan yang dilakukan para santri inilah yang kemudian menjadi tradisi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 12506194070 ARIF YAHYA
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:39
Last Modified: 22 Sep 2022 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30575

Actions (login required)

View Item View Item