ULFIATUR ROHMAH, 12204183109 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFED FREE INQUIRY (MFI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VII MTS. AS-SALAM SOOKO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (984kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (660kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Modifed Free Inquiry Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial Peserta Didik Kelas VII MTs. As-Salam Sooko” ini ditulis oleh Ulfiatur Rohmah, NIM. 12204183109, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, dosen pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si Kata Kunci: Model Pembelajaran Modifeed Free Inquiry, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik tentunya dapat memengaruhi hasil belajar peserta didik. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik perlu adanya model pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Modifed Free Inquiry. Model ini merupakan salah satu jenis dari model pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran Modifed Free Inquiry merupakan salah satu model pembelajaran dimana pusat pembelajaran berada pada peserta didik, dan peserta didik akan mencari penyelesaian dari permasalahan yang ada dan guru hanya menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran Modifed Free Inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII MTs. As- Salam Sooko pada materi Aritmatika sosial. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Modifed Free Inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik MTs. As- Salam Sooko Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan jumlah populasi 52 peserta didik yang terdiri dari 26 peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji independent t test) serta menggunakan perhitungan effect-size menggunakan rumus Cohen’s untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Modifed Free Inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh pada penggunaan model pembelajaran Modifed Free Inquiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII MTs. As-Salam Sooko Ponorogo, dibuktikan dengan hasil uji t-test yang menunjukkan bahwa nilai probabilitas adalah 0,000 < 0,005 sehingga H0 ditolak. (2) Dari hasil perhitungan effect size xviii menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat penggunaan model pembelajaran Modifed Free Inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII MTs. As- Salam Sooko sebesar 90%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ulfi 12204183109 ULFIATUR ROHMAH |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 07:07 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 07:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30578 |
Actions (login required)
View Item |