KEMAMPUAN BERPIKIR ANALOGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI KUBUS DAN BALOK BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 JOMBANG

RAHMAH MAULIDINAH, 12204183167 (2022) KEMAMPUAN BERPIKIR ANALOGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI KUBUS DAN BALOK BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Analogi Dalam Menyelesaikan Soal Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Jombang” ini ditulis oleh Rahmah Maulidinah, NIM.12204183167, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd Kata Kunci: Berpikir Analogi, Kubus dan Balok, Kemampuan Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa yang berbeda – beda. Terdapat siswa yang memiliki kemampuan berpikir tinggi, kemampuan berpikir sedang, dan kemampuan berpikir rendah. Kemampuan berpikir analogi sangat penting bagi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Berpikir analogi adalah berpikir dengan cara menyamakan atau membandingkan fenomena - fenomena yang biasa atau pernah dialami. Berdasarkan hal tersebut peneliti menghubungkan kemampuan berpikir analogi dengan kemampuan matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir analogi dalam menyelesaikan soal materi Kubus dan Balok berdasarkan kemampuan matematika siswa yang berkemampuan tinggi. (2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir analogi dalam menyelesaikan soal materi Kubus dan Balok berdasarkan kemampuan matematika siswa yang berkemampuan sedang. (3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir analogi dalam menyelesaikan soal materi Kubus dan Balok berdasarkan kemampuan matematika siswa yang berkemampuan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini ada 6 siswa kelas VIII D MTsN 1 Jombang berdasarkan kemampuan matematika. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dan penyajian data. Pengecekan keabsahan data meliputi triangulasi, kecukupan referensi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Siswa berkemampuan matematika tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan berpikir analogi yaitu : (1) encoding (pengkodean), (2) inferring (penyimpulan), (3) mapping (pemetaan), (4) applying (penerapan). Pada siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu memenuhi beberapa indikator dari kemampuan berpikir analogi yaitu : (1) encoding (pengkodean), (2) inferring (penyimpulan), (3) mapping (pemetaan). Pada siswa dengan kemampuan matematika rendah mampu memenuhi 2 indikator saja, yaitu : encoding (pengkodean) dan inferring (penyimpulan), atau encoding (pengkodean) dan mapping (pemetaan).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183167 Rahmah Maulidinah
Date Deposited: 16 Sep 2022 07:29
Last Modified: 16 Sep 2022 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30581

Actions (login required)

View Item View Item