RIO SLAMET REMANDA, 12210183115 (2022) PENGGUNAAN GAYA BAHASA PADA PUISI PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS NEGERI 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (70kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
Text
BABVI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sekripsi dengan judul “Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi Karya Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Rio Slamet Remanda, NIM.12210183115, pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci: gaya bahasa, puisi, karya peserta didik Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) penggunaan gaya bahasa perbandingan pada puisi karya peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar, (2) penggunaan gaya bahasa pertentangan pada puisi karya peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar, (3) penggunaan gaya bahasa pertautan pada puisi karya peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar, (4) penggunaan gaya bahasa perulangan pada puisi karya peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar, serta (5) penggunaan gaya bahasa perbandingan,pertentangan,pertautan,perulangan yang paling dominan pada puisi karya peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian ini didasari atas rasa ketertarikan peneliti terhadap gaya bahasa yang terkandung pada puisi anak. Di balik kesederhanaannya, puisi anak memiliki makna yang dalam, wujud ekspresi perasaan dalam diri anak mengenai fenomena menarik yang terjadi di dalam kehidupannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan hasil analisis puisi dengan dua metode analisis struktural-semiotika analisis dengan pembacaan heuristik dan hermeneutik. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah peserta didk kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar. Objek penelitian ini, yaitu berupa sampel puisi-puisi karya peserta didik Kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis isi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teori, meningkatkan ketekunan, dan pengecekan interreter, serta intrareter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa asonansi paling mendominasi dalam kumpulan puisi karya peserta didik, yaitu dari 30 judul puisi ditemukan 44 kali penggunaan gaya bahasa asonansi. Gaya bahasa personifikasi digunakan sebanyak 33 kali, gaya bahasa perumpamaan digunakan sebanyak 26 kali, gaya bahasa metafora digunakan sebanyak 14 kali, dan gaya bahasa anafora sebanyak 11. Adapun gaya bahasa yang jarang digunakan oleh peserta didik yaitu Gaya bahasa perbandinganm Depersonifikasi, Alegori, Antitesis, Antisipasi, Simbolisme. Gaya bahasa pertentangan Antiklimaks, Batos, Katabasis, Dekrentum, Zeugma, Ineundo , Antifrasis, Klimaks ,Anastrof atau inversi, Apo strof , Hipalase Sinisme , Sarkasme. Gaya bahasa Eufimisme, Eponim, Erotesis atau Pertanyaan Retoris, Elipsis, Gradasi, Asindeton. Gaya bahasa perulangan Antaklasis, Kiasmus , Tautotes.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Puisi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | SKRIPSI 12210183115 RIO SLAMET REMANDA |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 03:20 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 03:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30582 |
Actions (login required)
View Item |