STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-A PADA PEMBELAJARAN DARING DI MI TARBIYATUL ATHFAL PULOTONDO KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG

ALFAN CHOIRUR ROFIQI, 12205173206 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-A PADA PEMBELAJARAN DARING DI MI TARBIYATUL ATHFAL PULOTONDO KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (911kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV-A pada Pembelajaran Daring di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Alfan Choirur Rofiqi, NIM 12205173206, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, yang dibimbing oleh: Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Hasil Belajar, Pembelajaran Daring Penguasaan strategi guru merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap pendidik guna menunjang ketercapaian kompetensi maupun sub kompetensi dalam pembelajaran. Melalui penerapan strategi yang baik diharapkan seorang pendidik mampu mengorganisasi dan mengkoordinasi sebuah pembelajaran sehingga akan tercipta proses pembelajaran yang menyenangkan, dan berkualitas dan pada akhirnya tercapailah hasil belajar yang baik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-A pada pembelajaran daring di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-A pada pembelajaran daring di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana hambatan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-A pada pembelajaran daring di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini meliputi observasi berkelanjutan, triangulasi sumber triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi perencanaan guru kelas IV-A dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran daring adalah dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran, materi ajar, media dan pemahaman materi secara mendalam oleh guru sebelum memberikan pemahaman untuk peserta didik dalam proses pemebelajaran. (2) Strategi pelaksanaan guru kelas IV-A dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran daring adalah dengan memotivasi dan membangkitkan minat belajar siswa pada tahap awal pembelajaran. Kedua dengan pemilihan metode dan media yang tepat, bervariasi, sesuai dengan materi. Dengan perencanaan dan strategi yang dilakukan hasil belajar siswa kelas IV-A ada yang mengalami penurunan dan ada yang tetap bagus karena disebabkan oleh beberapa faktor. (3) Hambatan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-A pada pembelajaran daring adalah pada tahap awal guru mengalami kebingungan karena hal ini baru dalam dunia pendidikan, pembelajaran yang tidak efektif karena penjelasan guru kurang bisa mendetail, tingkat kebosanan yang tinggi,peran orang tua yang sangat berpengaruh terhadap proses belajar anak, smartphone yang harus bergantian dengan orang tua yang terkadang harus dibawa bekerja, biaya tambahan yang harus membeli kuota dengan keadaan penurunan penghasilan karena dampak wabah covid-19.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173206 ALFAN CHOIRUR ROFIQI
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:07
Last Modified: 20 Sep 2022 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30588

Actions (login required)

View Item View Item