STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA AL-IHSAN KALIKEJAMBON TEMBELANG JOMBANG

CHOIRUL ANWAR, 12201173277 (2022) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA AL-IHSAN KALIKEJAMBON TEMBELANG JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di MA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang” ini ditulis oleh Choirul Anwar, NIM. 12201173277, pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Kedisiplinan belajar. Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya peristiwa peserta didik yang mulai kehilangan sifat disiplin. Adanya peristiwa terebut akan muncul dampak negatif dan bisa di contoh oleh adik-adik kelas, hal ini bisa mengubah sikap generasi yang akan menghambat perkembangan pada dirinya. Oleh karena itu, generasi penerus bangsa harus memiliki pengendali diri agar menjadi pribadi yang kuat melalui Pendidikan karakter. Madrasah sebagai Lembaga formal memiliki peranan penting dalam membentuk karakter disiplin pada peserta didik. Dalam menanamkan kedisiplinan belajar guru akidah akhlak juga mempunyai peran ketika didalam kelas. Sebagai guru akidah akhlak di madrasah harus menjadi figur panutan yang baik bagi peserta didik dan sekitarnya. Guru sebagai pendidik berperan besar dalam membentuk kedisiplinan dalam belajar bagi peserta didik. Oleh sebab itu, sebagai guru akidah akhlak harus mempunya strategi-strategi dalam menanamkan kedisiplinan belajar pada peserta didik di MA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang. Fokus penelitian ini adalah (1) Strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan kedisiplinan belajar peserta didik di MA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang, (2) Pelaksanaan strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan kedisiplinan belajar peserta didik di MA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang dan, (3) Evaluasi guru akidah akhlak dalam menanamkan kedisiplinan belajar peserta didik di MA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumetasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui trianggulasi sumber dan trianggulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan kedisiplinan belajar peserta didik di MA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang, yaitu: a) membuat pedoman program menanamkan kedisiplinan belajar melalui tata tertib peserta didik yang memuat kewajiban, larangan dan jenis-jenis pelanggaran. b) menyusun program kedisiplinan meliputi: sholat dhuha berjamaah, khataman Al-Qur’an dan sholat dhuhur berjamaah, pembelajaran dalam kelas. (2) pelaksanaan strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan kedisiplinan belajar peserta didik di MA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang, yaitu: a) menetapkan tujuan sebagai haluan dalam pelaksanaan program menamakan kedisiplinan, b) melakukan pengawasan kepada peserta didik agar guru dapat mengontrol kedisiplinan, c) memberikan konsekuensi bersifat mendidik bagi peserta didik supaya bersemangat dalam berdisiplin. (3) evaluasi guru akidah akhlak dalam menanamkan kedisiplinan belajar peserta didik di MA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang, yaitu: menelaah jenis-jenis pelanggaran yang sering dilakukan peserta didik dan mengukur sejauh mana perkembangan kedisiplinan belajar pada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa 12201173277 Choirul Anwar
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:55
Last Modified: 16 Sep 2022 08:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30590

Actions (login required)

View Item View Item