IMPLEMENTASI APLIKASI MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTSN 1 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2020/2021

ENGGAL WILUJENG, 12201183302 (2022) IMPLEMENTASI APLIKASI MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTSN 1 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)

Abstract

ABSTRAK Wilujeng, Enggal. NIM 12201183302. 2022. Implementasi Aplikasi Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid 19 di MTsN 1 Kota Blitar Tahun Ajaran 2020/2021. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Dr. H.Abd.Aziz,M.Pd.I Kata kunci : Implementasi aplikasi media sosial, Pembentukan karakter Implementasi aplikasi media social yang dimaksud disini adalah pemakaian sebuah aplikasi media social untuk membentuk karakter peserta didik. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara guru akidah akhlak untuk tetap melakukan pembentukan karakter pada peserta didik dimasa pandemi covid 19 dengan bantuan sebuah aplikasi. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik melalui aplikasi media sosial whatsapp dimasa pandemi covid 19 di MTsN 1 Kota Blitar ?, (2) Bagaimana pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui aplikasi media sosial whatsapp dimasa pandemi covid 19 di MTsN 1 Kota Blitar ?, Bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik melalui aplikasi media sosial whatsapp dimasa pandemi covid 19 di MTsN 1 Kota Blitar? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik melalui aplikasi media social whatsapp pada masa pandemi covid 19 di MTsN 1 Kota Blitar , (2) untuk mengetahui pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui aplikasi media sosial whatsapp pada masa pandemi covid 19 di MTsN 1 Kota Blitar , (3) untuk mengetahui pembentukan karakter religius peserta didik melalui aplikasi media sosial whatsapp pada masa pandemi covid 19 di MTsN 1 Kota Blitar. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian adalah di MTsN 1 Kota Blitar. Data penelitian adalah implementasi aplikasi media social dalam pembentukan karakter peserta didik pada masa pandemi covid 19 di MTsN 1 Kota Blitar, hambatan implementasi aplikasi media social guru akiidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik pada masa pandemi covid 19, dan faktor pendorong pembentukan karakter peserta didik melalui aplikasi media sosial selama masa pandemic covid 19 di MTsN 1 Kota Blitar. Sementara sumber data diperoleh dari: Guru Akidah Akhlak, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan siswa kelas 7 dan 8. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik melalui aplikasi media sosial whatsapp selama masa pandemi covid 19 dapat dilakukan dengan baik. Adapun karakter tanggung jawab yang dapat di implementsikan melalui aplikasi media sosial whatsapp yaitu pertama, bertanggung jawab dari semua tindakan. Kedua, mengerjakan tugas sekolah tepat waktu. Ketiga, memenuhi kewajiban diri, keempat, dapat dipercaya. Sedangakan hambatan yang dialami selama pemebntukan karakter tanggung jawab peserta didik melalui aplikasi whatsapp selama masa pandemic covid 19 adalah terbatasnya waktu pembelajaran. Disisi lain terdapat beberapa factor pendukung dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa selama masa pandemi covid 19 melalui aplikasi whatsapp yakni dengan adanya dorongan penuh dari pihak keluarga siswa, dorongan dari lingkungan siswa serta adanya beberapa sanksi yang diberlakukan. (2) Pembentukan karakter disiplin peserta didik pada melalui aplikasi media sosial whatsapp selama masa pandemi covid 19 di MTsN 1 Kota Blitar dilakukan oleh guru akidah akhlak dengan Pendahuluan dalam langkah pembelajaran daring. Adapun hambatan yang dialami dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui aplikasi whatsapp adalah handphone yang digunakan secara bergilir dengan anggota keluarga siswa. (3) Pembentukan karakter peserta didik melalui aplikasi media sosial whatsapp selama masa pandemi covid 19 di MTsN 1 Kota Blitar dilakukan dengan pelaksanaan pendidikan karakter religius. Adapun hambatan yang dialami dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalui aplikasi whatsapp adalah pengaruh lingkungan sekitar peserta didik yang kurang mendukung. Selain itu faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter religius antara lain faktor dari dalam anak itu sendiri (intern) dan faktor dari lingkungan (ekstern).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183302 ENGGAL WILUJENG
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:44
Last Modified: 21 Sep 2022 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30678

Actions (login required)

View Item View Item