IMPLEMENTASI METODE EKLEKTIK DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS PADA KELAS VIII DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

AHMAD LUBABUL ILMI, 12201183350 (2022) IMPLEMENTASI METODE EKLEKTIK DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS PADA KELAS VIII DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Eklektik Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis Pada Kelas VIII Di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung” ini di tulis oleh Ahmad Lubabul Ilmi, NIM 12201183350, pembimbing Bapak Annas Ribab Sibilana, NIDN 2018109201 Kata Kunci : Implementasi, Metode Eklektik, Efektifitas Pembelajaran, Al Qur’an Hadis Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya ke-efektifan kegiatan belajar mengajar dikelas berlangsung pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Metode pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan metode konvensional, yaitu metode ceramah. Ketika pembelajaran berlangsung masih banyak dari peserta didik yang merasa bosan, jenuh dengan apa yang di sampaikan oleh guru. Metode Eklektik merupakan metode gabungan atau metode variasi pembelajaran yang lebih banyak ditekankan pada kemahiran mendengar (istima’), berbicara (kalam), menulis (kitabah), membaca (qira’ah). Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan metode eklektik dalam meningkatkan efektiitas pembelajaran mata pelajaran Al Quran Hadis di Mts Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung (2) Bagaimana pelaksanaan metode eklektik dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran mata pelajaran Al Quran Hadis di Mts Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung (3) Bagaimana hasil penerapan metode eklektik dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran mata pelajaran Al Quran Hadis di Mts Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis datanya dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Adapun untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan model triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa : (1) Pada perencanaan, kurikulum yang diterapkan oleh madrasah adalah kurikulum tahun 2013 yang menitik beratkan pada yang menitik beratkan pada empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek ketrampilan, aspek sikap dan perilaku. Kegiatan perencanaan belajar lainnya seperti membuat RPP dan menyiapkan materi pembelajaran, dan vasilitas pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode eklektik dapat digolongkan menjadi beberapa tahap yaitu tahap pendahuluan atau perencanaan, tahap pelaksanaan atau kegiatan, tahap evaluasi. (3) Metode eklektik efektif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan adanya temuan data berupa hasil ulangan harian peserta didik yang menyatakan bahwa banyak nilai peserta didik yang mengalami peningkatan dan berada diatas KKM. Seluruh peserta didik menjadi sangat antusias di dalam mengikuti proses pembelajaran. Karena dengan metode eklektik ini, peserta didik juga menjadi lebih paham dengan materi yang mereka pelajari. Dilihat dari aspek kognitif, peserta didik mampu berfikir kritis, kreatif dan aktfif dan belajar secara mandiri. Sedangkan secara aspek psikomotorik, secara tidak langsung keterampilan siswa mengalami peningkatan seperti mendengarkan keterangan guru, berbicara di depan kelas, menulis materi harian, dan membaca suatu materi itu mengalami peningkatan. Dari yang awalnya tidak memiliki keterampilan di kelas, dengan metode eklektik, maka mereka jadi memiliki keterampilan saat kegiatan belajar di kelas berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183350 AHMAD LUBABUL ILMI
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:01
Last Modified: 29 Sep 2022 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30712

Actions (login required)

View Item View Item