DIAH AYU LESTARI, 12201183066 (2022) INOVASI GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN FIQIH PADA MASA PANDEMI DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (754kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Inovasi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Fiqih pada Masa Pandemi di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Diah Ayu Lestari. NIM. 12201183066, dibimbing oleh Muhammad Dwi Toriyono, S Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Inovasi Guru, Media Pembelajaran Fiqih, Masa Pandemi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pandemi yang mengakibatkan perubahan pada seluruh aspek kehidupan manusia termasuk dalam dunia pendidikan. Pihak sekolah maupun guru harus menyesuaikan diri dengan perubahan pembelajaran yang terjadi. Perubahan tersebut juga mengubah media pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini tentu memerlukan persiapan yang baik untuk menghadapinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai perencanaan, pelaksanaan dan penilaian guru dalam memanfaatkan media pembelajaran fiqih pada masa pandemi di MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber datanya yaitu guru fiqih dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (memperpanjang pengamatan, pemeriksaan sejawat, triangulasi sumber dan triangulasi teknik), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan inovasi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran fiqih pada masa pandemi yaitu mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dipersiapkan dan dibuat oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran antara lain: silabus, prota, promes, rpp serta instrumen penilaian. (2) Pelaksanaan inovasi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran fiqih pada masa pandemi dilakukan dengan menggunakan beberapa media, antara lain: whatsapp grub, google form dan quizizz. Proses pembelajaran mengalami dua kali perubahan selama masa pandemi, yaitu: pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka terbatas. Pembelajaran tatap muka terbatas menggunakan sistem pembagian shift. Untuk mengembangkan kompetensi kaitannya dengan inovasi dalam memanfaatkan media pembelajaran guru mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah seperti workshop, pelatihan, dan MGMP. (3) Penilaian inovasi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran fiqih pada masa pandemi dilakukan dengan menggunakan penilaian formatif dan sumatif untuk memberikan penilaian terkait hasil belajar siswa. Penilaian tersebut dilakukan dengan menggunakan aplikasi quizizz. Sedangkan penilaian untuk guru maupun sekolah biasanya dilakukan melalui asesmen nasional secara daring.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183066 DIAH AYU LESTARI |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 05:11 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 05:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30723 |
Actions (login required)
View Item |