NUR LENI LAILATULISCA, 12204183122 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENURUT TEORI WANKAT DAN OREOVOCZ DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (505kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menurut Teori Wankat dan Oreovocz Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negri 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Leni Lailatulisca, NIM. 12204183122, Jurusan Tadris Matematik, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr.Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : Pemecahan, Masalah, Teori Wankat dan Oreovocz, Kecerdasan Logis, dan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel . Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis yang mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan siswa sering mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah serta siswa tidak mengutamakan teknik penyelesaian tetapi lebih mementingkan hasil akhir. Ada beberapa teori pemecahan masalah yang dikembangkan oleh beberapa ahli, salah satunya pemecahan masalah berdasarkan teori Wankat dan Oreovocz. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan teori wankat dan orevocz terhadap kecerdasan logis-matematis siswa sehingga dapat : 1) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menurut teori Wankat dan Oreovocz berdasarkan kecerdasan logis-matematis tinggi. 2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menurut teori Wankat dan Oreovocz berdasarkan kecerdasan logis-matematis sedang. 3) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika menurut teori Wankat dan Oreovocz berdasarkan kecerdasan logis-matematis rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah MTsN 6 Tulungagung. Subjek penelitian yaitu 2 siswa dengan kecerdasan logis tinggi, 2 siswa dengan kecerdasan logis sedang, dan 2 siswa dengan kecerdasan logis rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan kecerdasan logis tinggi mampu memenuhi ketujuh tahapan pemecahan masalah teori Wankat dan Oreovocz tanpa melakukan kesalahan sedikitpun. 2) Siswa dengan kecerdasan logis sedang mampu memenuhi ketujuh tahapan pemecahan masalah teori Wankat dan Oreovocz. Walupun siswa melakukan kesalahan dalam proses perhitungan dikarenakan kurang teliti dan tergesa-gesa. 3) Siswa dengan kecerdasan logis rendah, pada soal 1 dan 3 hanya mampu memenuhi satu tahap pemecahan masalah yaitu tahap mengeksplorasi. Pada soal 2 siswa mampu memenuhi 2 tahap yaitu tahap mendefinisikan dan tahap mengeksplorasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183122 NUR LENI LAILATULISCA |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 02:16 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 02:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30740 |
Actions (login required)
View Item |