ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENURUT TEORI WANKAT DAN OREOVOCZ DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTsN 6 TULUNGAGUNG

NUR LENI LAILATULISCA, 12204183122 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENURUT TEORI WANKAT DAN OREOVOCZ DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menurut Teori Wankat dan Oreovocz Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negri 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Leni Lailatulisca, NIM. 12204183122, Jurusan Tadris Matematik, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr.Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : Pemecahan, Masalah, Teori Wankat dan Oreovocz, Kecerdasan Logis, dan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel . Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis yang mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan siswa sering mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah serta siswa tidak mengutamakan teknik penyelesaian tetapi lebih mementingkan hasil akhir. Ada beberapa teori pemecahan masalah yang dikembangkan oleh beberapa ahli, salah satunya pemecahan masalah berdasarkan teori Wankat dan Oreovocz. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan teori wankat dan orevocz terhadap kecerdasan logis-matematis siswa sehingga dapat : 1) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menurut teori Wankat dan Oreovocz berdasarkan kecerdasan logis-matematis tinggi. 2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menurut teori Wankat dan Oreovocz berdasarkan kecerdasan logis-matematis sedang. 3) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika menurut teori Wankat dan Oreovocz berdasarkan kecerdasan logis-matematis rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah MTsN 6 Tulungagung. Subjek penelitian yaitu 2 siswa dengan kecerdasan logis tinggi, 2 siswa dengan kecerdasan logis sedang, dan 2 siswa dengan kecerdasan logis rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan kecerdasan logis tinggi mampu memenuhi ketujuh tahapan pemecahan masalah teori Wankat dan Oreovocz tanpa melakukan kesalahan sedikitpun. 2) Siswa dengan kecerdasan logis sedang mampu memenuhi ketujuh tahapan pemecahan masalah teori Wankat dan Oreovocz. Walupun siswa melakukan kesalahan dalam proses perhitungan dikarenakan kurang teliti dan tergesa-gesa. 3) Siswa dengan kecerdasan logis rendah, pada soal 1 dan 3 hanya mampu memenuhi satu tahap pemecahan masalah yaitu tahap mengeksplorasi. Pada soal 2 siswa mampu memenuhi 2 tahap yaitu tahap mendefinisikan dan tahap mengeksplorasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183122 NUR LENI LAILATULISCA
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:16
Last Modified: 21 Sep 2022 02:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30740

Actions (login required)

View Item View Item