PERAN GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MELAKSANAKAN SALAT BERJAMAAH DI MI DARUL HUDA DEYENG KABUPATEN KEDIRI

IKA HIMATUL AKLA, 12201183129 (2022) PERAN GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MELAKSANAKAN SALAT BERJAMAAH DI MI DARUL HUDA DEYENG KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (233kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Fikih dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Melaksanakan Salat Berjamaah di MI Darul Huda Deyeng Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Ika Himatul Akla, NIM 12201183129, pembimbing Bapak Suwanto, M.S.I, NIP. 198512122018011002 Kata kunci: Peran, Guru Fikih, Motivasi, Salat Berjamaah Penelitian skripsi ini berlatar belakang permasalahan tentang sedikitnya motivasi anak-anak melaksanakan salat berjamaah. Di tempat yang dijadikan penelitian ini, anak-anak sudah dibiasakan melaksanakan salat berjamaah. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahu peran guru fikih dalam meningkatkan motivasi siswa melaksanakan salat berjamaah. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan guru fikih dalam meningkatkan motivasi siswa melaksanakan salat berjamaah di MI Darul Huda Deyeng Kabupaten Kediri. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru fikih dalam meningkatkan motivasi siswa melaksanakan salat berjamaah di MI Darul Huda Deyeng Kabupaten Kediri. (3) Bagaimana dampak guru fikih dalam meningkatkan motivasi siswa melaksanakan salat berjamaah di MI Darul Huda Deyeng Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini di MI Darul Huda Deyeng Kabupaten Kediri, data penelitian didapatkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan guru fikih, kepala madrasah dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan guru fikih dalam meningkatkan motivasi siswa melaksanakan salat berjamaah yaitu dengan melakukan pra pelaksanaan melalui sosialisasi, kegiatan salat berjamaah tercantum dalam jadwal, guru fikih bekerja sama dengan guru kelas, memberikan pemahaman dan arahan kepada siswa, melakukan pendampingan dan memberi suri tauladan, memberi penilaian dan hadiah. Faktor pendukung ada dua yaitu, faktor pendukung internal meliputi: kemauan dari siswa sendiri, sedangkan eksternalnya yaitu program madrasah yang tersusun dengan matang, terdapat masjid yang cukup besar, komitmen pihak madrasah, pemberian contoh serta pendampingan guru ketika melaksanakan salat berjamaah. Faktor penghambat ada dua macam, penghambat internalnya adalah kurangnya pemahaman siswa terkait manfaat pelaksanaan salat berjamaah, kurangnya displin dan hafalan bacaan salat yang kurang. Penghambat eksternal yaitu kurangnya perhatian dari orang tua, kurangnya perlengkapan salat bagi siswa perempuan, tempat wudhu yang jadi satu antara siswa laki-laki dan perempuan, serta faktor senioritas. Sedangkan dampak guru dalam meningkatkan motivasi siswa tersebut yaitu pemberian pemahaman tentang pentingnya salat berjamaah, mpembiasaan, pelatihan atau praktik salat, melakukan kerja sama, pembagian jadwal salat, Pemberian hukuman dan hadiah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183129 IKA HIMATUL AKLA
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:00
Last Modified: 21 Sep 2022 05:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30749

Actions (login required)

View Item View Item