STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI DEKADENSI MORAL PESERTA DIDIK DI MTsN 5 KEDIRI

HUSNUL KHOTIMAH, 12201183442 (2022) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI DEKADENSI MORAL PESERTA DIDIK DI MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (581kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (367kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Peserta Didik di MTsN 5 Kediri”, ditulis oleh Husnul Khotimah, NIM. 12201183442, Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru akidah akhlak, Dekadensi Moral. Penelitian skripsi ini berlatarbelakang permasalahan yang dialami guru akidah akhlak dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik. permasalahan itu berupa peserta didik yang mengalami kemerosotan moral yang disebabkan kuatnya pengaruh kemajuan teknologi informasi yang sulit disaring. Hal ini menunjukkan bahwa seorang guru berperan penting karena guru merupakan tumpuan utama dalam pelaksanaan pembelajaran. Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan guru akidah akhlak dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MTsN 5 Kediri? 2) Bagaimana pelaksanaan guru akidah akhlak dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MTsN 5 Kediri? 3) Bagaimana evaluasi guru akidah akhlak dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MTsN 5 Kediri?. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan perencanaan guru akidah akhlak dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MTsN 5 Kediri. Mendiskripsikan pelaksanaan guru akidah akhlak dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MTsN 5 Kediri. Mendiskripsikan evaluasi guru akidah akhlak dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MTsN 5 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian di MTsN 5 Kediri, data penelitian didapatkan dari waka kesiswaan, guru akidah akhlak, guru bk, dan peserta didik kelas VIII. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan guru akidah akhlak dalam mengatasi dekadensi moral yaitu: 1) merencanakan program pendidikan karakter sejak dini, 2) merencanakan program kerjasama dengan masyarakat, dan 3) merencanakan program keagamaan. Pelaksanaan guru akidah akhlak dalam mengatasi dekadensi moral yakni guru menggunakan beberapa metode seperti 1) nasehat, 2) memberi perhatian, 3) bimbingan konseling, 4) pembiasaan yang baik, dan 5) keteladanan. Evaluasi guru akidah akhlak dalam mengatasi dekadensi moral yaitu melakukan evaluasi secara menyeluruh dengan memperbaiki tata tertib setiap tahun dan melakukan evaluasi pada setiap pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183442 HUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:40
Last Modified: 21 Sep 2022 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30751

Actions (login required)

View Item View Item