NAFA SILFIA, 12210183015 (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN PRIBADI PADA SISWA KELAS IX MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (502kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (330kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (470kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Pribadi pada Siswa Kelas IX MTsN 5 Kediri” ini ditulis oleh Nafa Silfia, NIM 12210183015, pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman, Menulis, Cerpen. Cerita pendek merupakan salah satu karya sastra yang memusatkan diri pada satu tokoh saja dalam satu situasi. Dalam cerita pendek kita bisa menemukan berbagai karakter tokoh, baik protagonis maupun antagonis. Keduanya merupakan cerminan nyata dari kehidupan dunia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen dengan model pembelajaran berbasis pengalaman pribadi pada siswa kelas IX MTsN 5 Kediri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C MTsN 5 Kediri. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi menjadi dua siklus. Siklus I dilakukan dua pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan menulis cerpen dengan model pembelajaran berbasis pengalaman pribadi pada siswa kelas IX MTsN 5 Kediri. Data diperoleh dengan menggunakan menggunakan tes, wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang skor secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman pada siswa dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas IXC MTsN 5 Kediri. Penggunaan model pembelajaran berbasis pengalaman pribadi dapat meningkatkan proses dan produk belajar siswa. Keberhasilan proses dapat dilihat dari keaktifan dan minat siswa selama mengikuti pembelajaran. Peningkatan produk pembelajaran dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata yang diperoleh siswa. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 56,33 atau dalam kategori kurang. Sedangkan pada siklus II adalah 81,81 atau dalam kategori baik. Dengan demikian, tindakan yang dilakukan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 25,48 poin.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Cerpen Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183015 NAFA SILFIA |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 02:43 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 02:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30754 |
Actions (login required)
View Item |