TEACHERS’ STRATEGIES TO INCREASE STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN ENGLISH BLENDED LEARNING CLASS AT SMPN 1 KAUMAN

LAELA RAHMA DAYANTI, 12203183226 (2022) TEACHERS’ STRATEGIES TO INCREASE STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN ENGLISH BLENDED LEARNING CLASS AT SMPN 1 KAUMAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Laela Rahma Dayanti (12203183226) Teachers’ Strategies to Increase Students’ Achievement in English Blended Learning Class at SMPN 1 Kauman. Skripsi. Tadris Bahasa Inggris. Fakultas dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Ida Isnawati, M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran Campuran, Strategi, Prestasi Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa yang menurun sejak pandemi covid-19. Dan kini di era new normal ini prestasi siswa meningkat dengan menerapkan sistem blended learning. Maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas blended learning bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah tiga guru bahasa Inggris dari kelas satu, kelas dua, dan tiga kelas di SMPN 1 Kauman, Tulungagung. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Dalam triangulasi data ini dilakukan dengan mengumpulkan hasil wawancara dengan tiga guru bahasa inggris dan juga dokumentasi berupa RPP dan daftar nilai siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa strategi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas blended learning bahasa Inggris. Strategi guru dalam persiapan mengajar bahasa Inggris, guru menyiapkan RPP, materi pembelajaran, dan media pembelajaran. Untuk strategi pelaksanaan antara pembelajaran online dan tatap muka berbeda. Saat pembelajaran online, guru menggunakan strategi pembelajaran individu dan memberikan latihan. Dan dalam pembelajaran tatap muka guru menggunakan beberapa strategi, antara lain: menjelaskan materi dengan jelas, memberikan sistem tanya jawab, menjelaskan ulang materi, memberikan tugas, memberikan motivasi dan umpan balik, menjaga komunikasi antara guru dan siswa. Dalam memberikan penilaian kepada siswa, guru membagi menjadi tiga macam aspek. Aspek kognitif (tes kecerdasan), aspek psikomotor (tes praktik), aspek afektif (perilaku dan sikap). Sistem blended learning membawa sedikit perubahan yang lebih baik untuk prestasi siswa. Namun masih kurang efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka secara penuh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Covid-19
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S1 12203183226 LAELA RAHMA DAYANTI
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:04
Last Modified: 21 Sep 2022 04:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30763

Actions (login required)

View Item View Item