DWIANTI HENDRIKA UTAMI NINGTYAS, 12204173104 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PERSONALIZED SYSTEM OF INSTRUCTION (PSI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTs NURUL HUDA PLOSOREJO GONDANG SRAGEN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (825kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (100kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Personalized System of Instruction (PSI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Kelas VII MTs Nurul Huda Plosorejo Gondang Sragen” ini telah ditulis oleh Dwianti Hendrika Utami Ningtyas, pembimbing: Dr. Muniri, M. Pd. Kata kunci : Personalized System of Instruction (PSI), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Kemampuan pemahaman konsep merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Dengan memahami konsep, siswa dapat mengembangkan kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Hal ini sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika yaitu memahami konsep dan menerapkan prosedur matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kenyataannya, kemampuan pemahaman konsep matematika kelas kelas VII MTs Nurul Huda Plosorejo Gondang Sragen masih rendah, hal ini disebabkan karena kurang bervariansinya model pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan model pembelajaran Personalized System of Instruction (PSI). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Personalized System of Instruction (PSI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di MTs Nurul Huda Plosorejo Gondang Sragen. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Personalized System of Instruction (PSI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di MTs Nurul Huda Plosorejo Gondang Sragen. (3) Untuk mengetahui besar pengaruh model Personalized System of Instruction (PSI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di MTs Nurul Huda Plosorejo Gondang Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design. Lokasi penelitian adalah. Subyek penelitian yang diambil 2 kelas dari 3 kelas, yaitu VII A sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster rondom sampling (secara acak). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, dan lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) Keterlaksanaan model pembelajaran Personalized System of Instruction (PSI) terhadap temampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di MTs Nurul Huda Plosorejo Gondang Sragen terlaksana dengan baik. Kesimpulan ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai observasi kegiatan pembelajaran yaitu
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173104 Dwianti Hendrika Utami Ningtyas |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 04:14 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 04:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30770 |
Actions (login required)
View Item |