PENGARUH RESILIENSI AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR'AN HADITS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MTSN 4 BLITAR

HIRZAN ALFAIZIN, 12201173444 (2021) PENGARUH RESILIENSI AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR'AN HADITS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MTSN 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (485kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Hirzan Alfaizin, NIM 12201173444. 2021. “Pengaruh Resiliensi Akademik terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa melalui Pembelajaran Jarak Jauh di MTsN 4 Blitar”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing : Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci : Resiliensi Akademik, Prestasi Belajar, dan Pembelajaran Jarak Jauh Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi saat ini yang membuat pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh (Pembelajaran Jarak Jauh) atau dalam masa sekarang pembelajaran ini membutuhkan sarana dan prasarana yang mengharuskan siswa mempunyai Handphone Android, paket data, dan sinyal yang stabil saat pembelajaran, tentunya hal ini akan berdampak pada prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MTSN 4 Blitar. Dalam hal ini, sikap resiliensi akademik siswa sangat dibutuhkan agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik dan tercapai hasil belajar yang baik. Adapun aspek-aspek resiliensi yang harus ada pada siswa meliputi regulasi emosi, pengendalian impuls, optimisme, analisis penyebab masalah, empati, efikasi diri, dan reaching out. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh resiliensi akademik terhadap prestasi belajar al-qur'an hadits siswa melalui pembelajaran jarak jauh di MTsN 4 Blitar? (2) Seberapa besar pengaruh resiliensi akademik terhadap prestasi belajar al-qur'an hadits siswa melalui pembelajaran jarak jauh di MTsN 4 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh resiliensi akademik terhadap prestasi belajar al-qur'an hadits siswa melalui pembelajaran jarak jauh di MTsN 4 Blitar. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh resiliensi akademik terhadap prestasi belajar al-qur'an hadits siswa melalui pembelajaran jarak jauh di MTsN 4 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 4 Blitar yang berjumlah 308 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 4 Blitar, yaitu sebagian kelas VIII E dan VIII F yang berjumlah 75 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis koefisien korelasi rank spearman’s rho dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara resiliensi akademik dan prestasi belajar siswa kelas VIII E dan VIII F bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTsN 4 Blitar. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan bantuan program SPSS For Windows 25.0 ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis hasil uji spearman’s rho diperoleh nilai signifikansi 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari resiliensi akademik terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTsN 4 Blitar. Sedangkan hasil nilai correlation coefficient bernilai positif sebesar 0,809 maka dapat disimpulkan arah hubungan kedua variabel adalah searah yang artinya jika resiliensi akademik meningkat maka prestasi belajar siswa juga akan meningkat. Hal ini menunjukan bahwa resiliensi akademik yang terjadi pada masa pandemi saat ini memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. (2) Pengaruh resiliensi akademik terhadap prestasi belajar al-qur’an hadits siswa melalui pembelajaran jarak jauh ditunjukkan dengan nilai besar tingkat hubungan (koefisien korelasi) sebesar 0,809. Artinya hasil ini pada kategori pengaruh atau korelasi tinggi, berarti resiliensi akademik memiliki pengaruh yang tinggi terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12850621022 Hirzan Alfaizin
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:44
Last Modified: 16 Sep 2022 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30774

Actions (login required)

View Item View Item