PENGARUH RELIGIUSITAS, LINGKUNGAN SOSIAL DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH PADA MAHASISWA JURUSAN PERBANKAN SYARIAH IAIN TULUNGAGUNG

MOCH. RAMADHAN FEBRYANSYAH, 17401163416 (2022) PENGARUH RELIGIUSITAS, LINGKUNGAN SOSIAL DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH PADA MAHASISWA JURUSAN PERBANKAN SYARIAH IAIN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Religiusitas, Lingkungan Sosial Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah IAIN Tulungagung” yang ditulis oleh Moch. Ramadhan Febryansyah, NIM. 17401163416, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung dengan pembimbing Elok Fitriani Rafikasari, M.Si. Dewasa ini persaingan global khususnya lembaga keuangan cukup pesat, seperti halnya pada sektor perbankan, persaingan yang ketat ini membuat perbankan konvensional maupun syariah harus menentukkan strategi yang tepat untuk menarik nasabah. Karena tingkat persaingan yang sangat tinggi antara lembaga keuangan syariah dan non syariah maka strategi perbankan syariah yang harus digunakan adalah dengan melihat faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen. Seperti faktor religiulitas, Lingkungan Sosial dan Kepercayaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah unntuk mengetahui pengaruh secara parsial Variabel religiusitas, lingkungan sosial, dan kepercaayaan terhadap minat menabung Mahasiswa jurusan perbankan syariah IAIN Tulungagung di Bank Syariah, juga untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara Religiusitas, Lingkungan Sosial dan Kepercayaan terhadap minat Mahasiswa jurusan perbankan syariah IAIN Tulungagung untuk menabung di Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebar pada responden mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah IAIN Tulungagung sebanyak 100 responden. Data kuesioner dianalisis menggunakan SPSS 25.0 dengan melakukan beberapa tahap uji analisis data, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan F) dan koefisien determinasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial religiulitas, lingkungan sosial, kepercayaan berpengaruh terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah. Sedangakan secara simultan religiulitas, lingkungan sosial, kepercayaan berpengaruh terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah dengan total pengaruh sebesar 60,7%. Peneliti selanjutnya disarankan dapat meneliti faktor lain yang dapat mempengaruhi minat menabung seperti bagi hasil, dan pelayanan. Hal ini diharapkan agar dalam penelitian selanjutnya dapat lebih maksimal dan berwawasan lebih luas. Kata Kunci: Religiulitas, Lingkungan Sosial, Kepercayaan, dan Minat Menabung di Bank Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401163416 Febrian
Date Deposited: 23 Sep 2022 09:09
Last Modified: 23 Sep 2022 09:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30812

Actions (login required)

View Item View Item