PENGEMBANGAN MAJALAH DIGITAL BERBASIS KONTEKSTUAL LEARNING SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATERI HAKIKAT ILMU KIMIA DI MA BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR

MOH ANDIKA LUQMANUR RIZAL, 12212183034 (2022) PENGEMBANGAN MAJALAH DIGITAL BERBASIS KONTEKSTUAL LEARNING SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATERI HAKIKAT ILMU KIMIA DI MA BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (769kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (806kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Majalah Digital Berbasis Kontekstual Learning Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Hakikat Ilmu Kimia Di MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar” ini ditulis oleh Moh Andika Luqmanur Rizal, NIM. 12212183034, dengan Pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci : Majalah digital, kontekstual Learning, Hakikat Ilmu Kimia Bahan ajar merupakan salah satu komponen pembelajaran yang perlu disiapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan data studi awal yang dilakukan peneliti terhadap bahan ajar yang selama ini digunakan oleh siswa pada materi hakikat ilmu kimia menunjukkan bahwa bahan ajar berupa lembar kerja siswa dinilai masih bersifat teoritis, tidak kontekstual, menggunakan kertas buram dan masih didominasi oleh soal-soal. Hal ini dapat menjadi faktor penyebab siswa menjadi bosan dan tidak tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti berinovasi untuk mengembangan bahan ajar berupa majalah digital berbasis kontekstual learning. Majalah digital berbasis kontekstual learning memiliki karakteristik dapat menampilkan teks visual yang bervariasi dan bisa disertai bermacam-macam gambar yang sesuai konteks dengan dipadukan dengan warna yang menarik serta dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Majalah digital memuat materi hakikat ilmu kimia yang memiliki karakteristik yang sesuai jika dipadukan dengan majalah digital. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mengetahui pengembangan majalah digital berbasis kontekstual learning pada materi hakikat ilmu kimia. 2) Mengetahui tingkat validitas majalah digital berbasis kontekstual learning pada materi hakikat ilmu kimia. 3) Mengetahui respon siswa terhadap majalah digital berbasis kontekstual learning pada materi hakikat ilmu kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model penelitan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D, tahapan-tahapanya meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Intrumen yang digunakan adalah lembar validasi, dan angket respon siswa. Produk majalah digital yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh dua validator ahli materi dan dua validator ahli media untuk diuji kelayakan dari segi muatan materi maupun tampilan medianya. Selanjutnya, majalah digital yang telah divalidasi diujicobakan pada siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap majalah digital. Hasil Penelitian ini adalah (1) Pengembangan majalah digital didesain menggunakan aplikasi Canva kemudian dieksport ke aplikasi Heyzine untuk mendapat efek flipbook. (2) Majalah digital yang telah dikembangkan mendapat kriteria kelayakan baik dari segi muatan materi maupun tampilan media dengan hasil rata-rata persentase berturut-turut sebesar 89,49% dan 88,15% dengan kriteria sangat valid. (3) Hasil respon 20 siswa MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar mendapat nilai rata-rata persentase sebesar 84,47% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183034 Moh Andika Luqmanur Rizal
Date Deposited: 30 Sep 2022 05:11
Last Modified: 30 Sep 2022 05:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30813

Actions (login required)

View Item View Item