STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU

PINTA NUR IKA SARI, 12205183301 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (485kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa strategi guru berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran tematik guru menggunakan strategi sebagai acuan untuk melangsungkan proses pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Darul Huda Pojok Ngantru? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Darul Huda Pojok Ngantru? (3)Bagaimana implikasi atau dampak strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Darul Huda Pojok Ngantru?. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Darul Huda Pojok Ngantru meliputi perencanaan yakni guru menyiapkan RPP dan metode pembelajaran. Setelah itu guru melakukan pelaksanaan dengan memberikan motivasi, melakukan penyampaian materi dengan metode demonstrasi, metode ceramah, metode laihan dan metode tanya jawab serta mengunakan media pembelajaran berupa media visual, guru juga menambah bahan ajar dari buku lain, internet dan lingkungan sekitar, guru mengelola pembelajaran dan memberikan siswa apresiasi. selanjutnya guru melakukan evaluasi tea dan non tes. (2)Faktor yang mendukung strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik, yaitu tersedianya fasilitas dan sarana prasarana yang memadai, penggunaan metode yang menarik, Adanya media pembelajaran yang menarik, dan motivasi sebelum pembelajaran. Sedangkan faktor yang menghambat strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik, yaitu kurangnya dukungan dari orang tua siswa dan kurang fokusnya siswa dalam pembelajaran. (3)Implikasi atau dampak yang timbul dari strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik diantaranya guru mudah mengelola pembelajaran, guru mudah menyampaikan materi, guru mudah mengondisikan kelas, msiswa mudah memahami materi, minat belajar siswa pada pembelajaran tematik meningkat dan prestasi belajar siswa meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183301 PINTA NUR IKA SARI
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:13
Last Modified: 01 Nov 2022 04:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30817

Actions (login required)

View Item View Item