PENGEMBANGAN KOMIK IPS TEMA PLURALITAS MASYARAKAT INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS SYAFI’IYAH BESUK PROBOLINGGO

NUR INDAH WULANDARI, 12209183033 (2022) PENGEMBANGAN KOMIK IPS TEMA PLURALITAS MASYARAKAT INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS SYAFI’IYAH BESUK PROBOLINGGO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengembangan Komik IPS Tema Pluralitas Masyarakat Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII MTs Syafi’iyah Besuk Probolinggo” ini ditulis oleh Nur Indah Wulandari, NIM. 12209183033, Pembimbing Bagus Setiawan, M.Pd Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Komik, Minat Belajar. penggunaan bahan ajar yang konversional menjadikan pembelajaran kurang bermakna karena hanya membaca dan mengerjakan soal yang ada pada buku LKS. Sehingga perlu dirancang sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan lebih meningkatkan kebermaknaan dari proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kebermaksaan pembelajaran IPS khususnya materi kegiatan ekonomi. Berdasatkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti pada saat magang I dan magang II banyak ditemukannya permasalahan pada saat proses pembelajaran seperti, peserta didik kurang memperhatikan saat guru menjelaskan materi, berbicara dengan teman sebangku, serta Dengan memanfaatkan bahan ajar komik, diharapkan dapat meningkatkan minat dan kebermaknaan dalam pembelajaran terhadap materi kegiatan ekonomi kelas VII di MTs Syafi’iyah Besuk Probolinggo. Rumusan masalah pada penulisan skripsi ini adalah 1. Pengembangan pada komik dalam pelajaran IPS pokok bahasan pluralitas masyarakat Indonesia sebagai media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk siswa kelas VII di MTs Syafiiyah Besuk Probolinggo tahun ajaran 2022/2023, 2. Proses pembelajaran IPS pokok bahasan pluralitas masyarakat Indonesia sebagai media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII MTs Syafi’iyah Besuk Probolinggo tahun ajaran 2022/2023, 3. Respon siswa terhadap hasil pengembangan komik sebagai media pembelajaran IPS pokok bahasan pluralitas masyarakat Indonesia sebagai media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII MTs Syafi’iyah Besuk Probolinggo tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dikembangkan bahan ajar Komik pada mata pelakaran IPS guna menunjang minat pada siswa kelas VII di MTs Syafi’iyah Besuk Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian dan pemgembangan dengan tujuan untuk dapat menciptakan serta mengembangkan sesuatu produk baru. pada prosedur dan penelitian ini terdapat langkah pengembangan yang terdiri dari validasi ahli, revisi, uji coba lapangan (skala kecil dan skala besar). Berdasarkan hasil uji validasi ahli media yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berkriteria validasi dengan jumlah presentase sebesar 92%. Hasil validasi materi yang menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan berkriteria validasi dengan jumlah presentase sebesar 9,52% dan hasil uji validasi dari guru mata pelajaran IPS yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berkreteria valid dengan jumlah presentase sebesar 91%. Dikembangkan praktis untuk digunakan dengan catatan tanpa revisi. Hasil keefektifan bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan bahwa pada nilai uji hipotesis dengan menggunakan Paired Samples Test data yang dihasilkan nilai Sig. (2-tailed) = 009 maka H1 dapat diterima dan dapat digunakan dan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara sesudah dan sebelum menggunakan bahan ajar Komik IPS. Nilai rata-rata post-test sebesar 80,12.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209183033 NUR INDAH WULANDARI
Date Deposited: 24 Sep 2022 04:11
Last Modified: 24 Sep 2022 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30821

Actions (login required)

View Item View Item