PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN STAD PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK DI SMP IT AL-AZHAAR GANDUSARI TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

GALUH CANDRA WARDANI, 3214093011 (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN STAD PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK DI SMP IT AL-AZHAAR GANDUSARI TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN AWAL .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Galuh Candra Wardani, 3214093011, 2014. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran NHT dengan STAD Pada Materi Pokok Kubus dan Balok di SMP IT Al-Azhaar Gandusari Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Drs. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran NHT, STAD, Hasil Belajar Siswa, Kubus dan Balok. Penelitian ini dilatarbelakangi ada kecenderungan siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan masih kurang menunjang siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan siswa cepat jenuh dengan suasana pembelajaran matematika dan akhirnya materi yang disampaikan oleh pengajar kurang bisa mereka pahami. Dengan melihat peserta didik sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, maka dapat diambil solusi dalam permasalahan pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif memiliki beberapa metode yang biasa digunakan diantaranya: metode STAD (Student Teams Achievement Division) dan Numbered Head Together. Dari penerapan kedua model pembelajaran kooperatif tersebut, peneliti ingin mengetahui perbedaannya terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP IT Al-Azhaar Gandusari Trenggalek tahun pelajaran 2013/2014. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu“Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran NHT dengan siswa yang diajarkan dengan STAD pada materi pokok kubus dan balok di SMP IT Al-Azhaar Gandusari Trenggalek tahun pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran NHT dengan siswa yang diajarkan dengan STAD pada materi pokok kubus dan balok di SMP IT Al-Azhaar Gandusari Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kuantitatif eksperimen. Dalam penelitian ini yang merupakan variable bebas yaitu model pembelajaran kooperatif learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Numbered Head Together (NHT), sedangkan variable terikatnya yaitu hasil belajar matematika siswa. Sampel diambil secara acak dari 30 siswa kelas VIII SMP IT Al-Azhaar Gandusari Trenggalek tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari siswa kelasVIII A dan kelas VIII B. Instrumen yang digunakan adalah hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jawaban dari hipotesis yang diajukan yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran NHT dan STAD pada materi pokok kubus dan balok. Mean kelas STAD menunjukkan nilai 96,33. Sedangkan mean kelas kontrol menunjukkan nilai 63,33. Setelah dilakukan uji “t” diperoleh t_t (5%=1,701) <t_h (8,650) dengan taraf signifikansi 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran NHT dengan STAD pada materi pokok kubus dan balok di SMP IT Al-Azhaar Gandusari Trenggalek tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214093011 GALUH CANDRA WARDANI
Date Deposited: 28 Dec 2015 04:16
Last Modified: 28 Dec 2015 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3083

Actions (login required)

View Item View Item