PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

THEO MOKHAMMAD AL FONSO, 12201183141 (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (874kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru, maupun calon guru yaitu kompetensi pedagogik.Karena kemampuan dari seorang guru mampu membuat siswa menjadi lebih tertarik dan lebih berprestasi di kelas maupun lingkungan.Masih banyaknya guru yang belum mengembangkan kompetensi pedagogiknya berakibat pada proses pembelajaran yang cenderung monoton dan kurang menarik siswa. Hal tersebut menjadikan siswa merasa bosan dalam belajar, bahkan ada yang menolak untuk belajar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana deskripsi kompetensi pedagogik guru PAI, motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung? (2) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung? (4) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung?Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui deskripsi kompetensi pedagogik guru PAI, motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. (3)Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. (4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Metode penelitian:penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya dalam asosiatif kuantitatif, variabel bebas: kompetensi pedagogik (X), variabel terikat: motivasi belajar (Y1) dan hasil belajar (Y2). Populasi: seluruh siswa kelasVIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung yang berjumlah 295 siswa. Sampling: probability sampling dan non probability sampling. Sampel: 75 siswa. Sumber data: responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian Kelas VIII: 1) Ada Pengaruh antara Kompetensi Pedagogik Guru PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa, dibuktikan dengan signifikansi 0,000< 0,05. 2) Ada Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PAI terhadap Prestasi Belajar Siswa, dibuktikan dengan signifikansi 0,00< 0,05. 3) Ada Pengaruh antara Kompetensi Pedagogik Guru PAI terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa, dibuktikan dengan signifikansi 0,000 < 0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183141 Theo Mokhammad Al Fonso
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:19
Last Modified: 30 Sep 2022 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30830

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item