DISPOSISI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTS AL – HIKMAH MAKARTI MULYA

HENI KURNIA WATI, 12204173052 (2022) DISPOSISI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTS AL – HIKMAH MAKARTI MULYA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Disposisi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII di MTs Al – Hikmah Makarti Mulya” ini ditulis oleh Heni Kurnia Wati, NIM. 12204173052, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr.Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Disposisi Matematis, Menyelesaikan Masalah Disposisi matematis merupakan bagaimana siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, apakah dalam menyelesaikan masalah matematika memiliki rasa percaya diri, tekun, minat, dan berfikir fleksibel untuk menemukan berbagai metode alternatif dari penyelesaian masalah. Tujuan diadakan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan disposisi matematis tinggi siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel (2) untuk mendeskripsikan disposisi matematis sedang siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel(3) untuk mendeskripsikan disposisi matematis rendah siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Lokasi penelitian di MTS Al – Hikmah Makarti Mulya dengan mengambil 6 subjek dalam penelitian berdasarkan hasil angket disposisi matematis. Metode pengumpulan data berupa : (1) angket, (2) tes, dan (3) wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa : (1) Disposisi matematis tinggi siswa yang memiliki tingkat kemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel akan memiliki sikap percaya diri, mampu berfikir fleksibel dan terbuka, memiliki tekun dan gigih, memiliki minat dan keingintahuan, mampu memonitor dan merefleksikan proses berfikir dankinerja diri, mampu mengaplikasikan matematika ke dalam situasi yang lain dalam kehidupan sehari – hari, serta mampu menghargai peran matematika sebagai budaya dan nilai, (2)Disposisi matematis sedang siswa yang memiliki tingkat kemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel akan memiliki sikap percaya diri, mampu berfikir bersifat fleksibel dan terbuka, cukup tekun dan gigih, cukup mempunyai minat dan keingintahuan, mampu memonitor dan merefleksikan proses berfikir dan kinerja diri, mampu mengaplikasikan matematika ke dalam situasi yang lain dalam kehidupan sehari – hari, serta cukup mampu menghargai peran matematika sebagai budaya dan nilai, (3)Disposisi matematis rendah siswa yang memiliki tingkat kemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel kurang memiliki sikap percaya diri, kurang mampu bersifat fleksibel dan terbuka, kurang tekun dan gigih, kurang mempunyai minat dan keingintahuan, tidak mampu memonitor dan merefleksikan proses berfikir dan kinerja diri, tidak mampu mengaplikasikan matematika ke dalam situasi yang lain dalam kehidupan sehari – hari, dan tidak mampu menghargai peran matematika sebagai budaya dan nilai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173052 HENI KURNIA WATI
Date Deposited: 24 Sep 2022 03:59
Last Modified: 24 Sep 2022 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30836

Actions (login required)

View Item View Item