AKBAR SAKTYATAMA AJI PUTRA, 12506194005 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM WASHATIYAH PESERTA DIDIK (Studi Multi Kasus SMK Diponegoro Sidoarjo dan SMA Antartika Sidoarjo). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (63kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (257kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (954kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Islam Wasathiyah Peserta Didik (Studi Multi Kasus di SMA Antartika Sidoarjo dan SMK Diponegoro Sidoarjo)” ini di tulis oleh Akbar Saktyatama Aji Putra dengan pembimbing I Dr. Khoirul Anam M.Pd.I. dan pembimbing II Dr. Nur Kholis M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Islam Wasatiyah Toleransi, Tawasuth Penelitian ini di latarbelakangi pengarusutamaan Islam wasathiyah ini dianggap menjadi sebuah langkah strategis selain memiliki legitimasi historis sebagai pendidikan yang indigenius Indonesia, pendidikan Islam di Indonesia mulai berani menegaskan dirinya sebagai tipe pendidikan yang wasathiyah. Hal ini sesuai dengan corak dan watak keislaman di nusantara yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, keadilan dan nilai luhur kebudayaan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran guru PAI dalam menanamkan nilai toleransi peserta didik di SMK Diponegoro dan SMA Antartika? (2) Bagaimana strategi pembelajaran guru PAI dalam menanamkan nilai tawasuth peserta didik di SMK Diponegoro dan SMA Antartika? (3) Bagaimana ciri-ciri nilai Islam wasathiyah peserta didik di SMK Diponegoro dan SMA Antartika?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan strategi pembelajaran guru PAI dalam menanamkan nilai toleransi peserta didik di SMK Diponegoro dan SMA Antartika. (2) Mendeskripsikan strategi pembelajaran guru PAI dalam menanamkan nilai tawasuth peserta didik di SMK Diponegoro dan SMA Antartika (3) Mendeskripsikan ciri-ciri nilai Islam wasathiyah peserta didik di SMK Diponegoro dan SMA Antartika. Jenis penelitian ini studi multi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer atau data yang berasal dari jawaban ketika wawancara dan data sekunder atau data lain yang berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, menyajikan data dan menarik sebuah kesimpulan akhir. Dalam mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran PAI dalam menanamkan nilai toleransi peserta didik di SMA Antartika dan SMK Doponegoro adalah guru PAI senantiasa memberikan motivasi terhadap siswa, keteladanan guru PAI dan pelibatan siswa terhadap kegiatan di sekolah. (2) Strategi pembelajaran PAI dalam menanamkan nilai tawasuth peserta didik di SMA Antartika dan SMK Diponegoro adalah dengan menggunakan metode ceramah dengan cerita inspiratif, metode diskusi dan menambah jam pelajaran agama Islam. (3) Ciri-ciri nilai Islam Wasathiyah peserta didik di SMA Antartika dan SMK Diponegoro adalah Santun, tidak terlalu fanatik dan radikal, Memiliki rasa rela tidak memaksa dan mengintimidasi, Toleransi, tidak egois dan fanatis, Saling mencintai sesama
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506194005 AKBAR SAKTYATAMA AJI PUTRA |
Date Deposited: | 24 Sep 2022 04:19 |
Last Modified: | 24 Sep 2022 04:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30838 |
Actions (login required)
View Item |