MUH. NURIN SOLECHUDIN, 12201173203 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN SISWA DI MTs SUNAN KALIJOGO KRANDING MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
Muh Nurin Solechudin, Strategi Guru dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Keagamaan Siswa di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Abdul Aziz Faradi, M.Hum. Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai Keagamaan Agama memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Penanaman dalam memerankan pendidikan keagamaan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Agama juga menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Salah satu yang berperan dalam proses pengembangan nilai-nilai keagamaan pada diri manusia ialah guru, terutama guru Madrasah Tsanawiyah. Guru memiliki tugas membentuk karakter-karakter yang baik pada diri anak didiknya sesuai dengan Syariat Agama. Oleh sebab itu, guru memerlukan suatu strategi tertentu agar karakter yang diharapkan mampu benar-benar dimiliki anak didiknya. Adapun fokus peneitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam mengembangkan nilai-nilai keagamaan siswa di MTs Sunan Kalijogo kranding Mojo Kediri? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam mengembangkan nilai-nilai keagamaan siswa di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam mengembangkan nilai-nilai keagamaan siswa di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri? Metode penelitian yang digunakan (1) Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. (2) Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrumen kunci dalam mengumpulkan data. (3) Tempat penelitian adalah MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri. (4) Sumber data penelitian dibagi menjadi tiga: people (orang), place (tempat), paper (kertas/dokumen). Ketiga sumber data tersebut digunakan untuk saling informasi dan data. (5) Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, (6) Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, (7) Pengecekan keabsahan data pada penelitan ini meliputi: trianggulasi, perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan strategi guru dalam mengembangkan nilai-nilai keagamaan siswa melalui: a. Kegiatan rapat untuk menentukan strategi guru, b. Pemberian motivasi dan bimbingan dari guru. (2) Pelaksanaan strategi guru dalam mengembangkan nilai-nilai keagamaan siswa yaitu: a. Penanaman nilai-nilai keagamaan melalui keteladanan, b. Penanaman nilai-nilai keagamaan melalui kegiatan pembelajaran, c. Penanaman nilai-nilai keagamaan melalui pembiasaan. (3) Evaluasi strategi guru dalam mengembangakan nilai-nilai keagamaan siswa antara lain: a. Guru melakukan evaluasi strategi melalui rapat, b. Guru mengadakan evaluasi strategi melalui angket, c. Guru mengadakan evaluasi strategi melalui nilai raport.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Skripsi 12201173203 Muh Nurin Solechudin |
Date Deposited: | 25 Sep 2022 03:18 |
Last Modified: | 25 Sep 2022 03:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30842 |
Actions (login required)
View Item |