PENGARUH KONDISI BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MI MANBA'UL 'ULUM BUNTARAN TULUNGAGUNG

AWALIS SA'DATI ALINA, 12205183205 (2022) PENGARUH KONDISI BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MI MANBA'UL 'ULUM BUNTARAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVERR.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kondisi Belajar dan Peran Orang Tua di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung” ini di tulis oleh Awalis Sa’dati Alina, NIM 12205183205, Pembimbing Ibu Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dan kurangnya peran orang tua pada pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Fokus penelitian ini ada 3, yaitu 1) Kurangnya minat belajar peserta didik dalam kondisi belajar di masa pandemi Covid-19. 2) Pentingnya peran orang tua dalam kondisi belajar di masa pandemi Covid-19. 3) Pentingnya kondisi belajar dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di masa pandemi Covid-19. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh yang signifikan pada kondisi belajar di masa pandemi Covid-19 terhadap minat belajar peserta didik kelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung ? 2) Adakah pengaruh yang signifikan pada peran orang tua di masa pandemi Covid-19 terhadap minat belajar peserta didik kelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung ? 3) Adakah pengaruh yang signifikan pada kondisi belajar dan peran orang tua di masa pandemi Covid-19 terhadap minat belajar peserta didik kelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung ?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kondisi belajar dan peran orang tua di masa pandemi Covid-19 terhadap minat belajar peserta didik kelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi serta penyebaran angket. Penelitian ini menggunakan teknik Sampling Probability. Pengujian data menggunakan analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan regresi linier berganda. Pengujian data dengan bantuan SPSS 16. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Adanya pengaruh yang signifikan pada kondisi belajar di masa pandemi Covid-19 terhadap minat belajar peserta didik kelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji hipotesis diperoleh nilai Thitung 3,566 > Ttabel2,02619. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Adanya pengaruh yang signifikan pada peran orang tua di masa pandemi Covid-19 terhadap minat belajar peserta didik kelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji hipotesis diperoleh nilai Thitung 3,308 > Ttabel 2,02619. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Adanya pengaruh yang signifikan pada kondisi belajar dan peran orang tua di masa pandemi Covid-19 terhadap minat belajar peserta didik kelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung dibuktikan dengan hasil R Square sebesar sebesar 58,2% Sehingga dapat di simpulkan bahwa kondisi belajar dan peran orang tua di masa pandemi covid-19 sangat berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik kelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung sebesar 58,2% sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak di sebutkan dalam model. Kata Kunci : Kondisi Belajar, Peran Orang tua dan Minat Belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183205 Alina
Date Deposited: 24 Sep 2022 05:20
Last Modified: 24 Sep 2022 05:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30855

Actions (login required)

View Item View Item