PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SISTEM IMUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM IMUN KELAS XI DI SMA NEGERI 1 CAMPURDARAT

MUHAMMAD RISZKY WAHYU PRADANA, 12208183085 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SISTEM IMUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM IMUN KELAS XI DI SMA NEGERI 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran video materi sistem imun dilatar belakangi materi sistem imun yang bersifat abstrak dan banyak istilah-istilah asing menyebabkan siswa sulit belajar sehingga hasil belajar kurang optimal. Kurang optimalnya hasil belajar tersebut perlu ditingkatkan dengan media belajar yang interaktif, menarik, dan mudah diakses. Penggunaan video pembelajaran di era digital ini dapat memudahkan peserta didik mempelajari materi kapanpun dan dimanapun. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran video materi sistem imun kelas XI di SMA Negeri 1 Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video materi sistem imun kelas XI di SMA Negeri 1 Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. (3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran video materi sistem imun untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan Analyze (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, sedangkan sampel penelitian eksperimen dilakukan oleh peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode eksperimen penggunaan video pembelajaran sistem imun terhadap peningkatan hasil belajar menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental, dan menggunakan bentuk desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, setelah itu dilakukan pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik yaitu uji t. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian diperoleh (1) Video pembelajaran materi sistem imun kelas XI dikembangkan menggunakan model ADDIE dengan aplikasi CorelDRAW X7, Microsoft PowerPoint 2010 dan Camtasia 2019. Komponen dalam video adalah Thumbnail; Bagian awal berupa scene pembukaan dan apersepsi, scene tujuan pembelajaran dan scene peta materi; Bagian isi berupa scene judul, scene pembahasan, scene kuis, scene kuis lanjutan dan scene tinjauan materi; Bagian penutup berupa scene salam penutup, pesan dan daftar rujukan. (2) Video pembelajaran materi sistem imun kelas XI dengan hasil validasi ahli materi memiliki presentase 97,91 % dengan kriteria sangat valid dan tidak diperlukan revisi. Validasi ahli media memiliki presentase 97,2 % dengan kriteria sangat valid dan tidak diperlukan revisi. Hasil validasi guru biologi kelas XI memiliki presentase 97,72 % dengan kriteria sangat valid dan tidak diperlukan revisi. Hasil uji keterbacaan atau respon siswa memiliki presentase 94,17 % dengan kriteria sangat baik. (3) Ada peningkatan hasil belajar dengan penggunaan video pembelajaran sistem imun pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dan perbedaan hasil tersebut dilakukan uji t dan didapatkan harga angka sig. = 0,000 < 0,05 sehingga produk video sistem imun layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Biologi > Manusia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183085 Riszky
Date Deposited: 25 Sep 2022 02:17
Last Modified: 25 Sep 2022 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30856

Actions (login required)

View Item View Item